Miguel Oliveira (depan) menjadi juara di MotoGP Mandalika 2022. Dia jadi pembalap MotoGP pertama yang juara di Sirkuit Mandalika. (foto: REUTERS/Willy Kurniawan).
Antara

MATARAM, iNews.id - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB) memastikan perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah pada tahun-tahun berikutnya akan lebih baik.

Kekurangan-kekurangan pada event perdana MotoGP 2022 yang digelar di Sirkuit Mandalika menjadi catatan yang akan dibenahi panitia, khususnya Pemerintah Provinsi NTB. 

Mengingat kontrak MotoGP hingga 10 tahun, sehingga masih akan ada balapan-balapan lainnya di seri Indonesia.

"Kekurangan-kekurangan menjadi pelajaran kita masih punya sembilan tahun lagi menjadi penyelenggara. Kita ingin pastikan yang berikutnya lebih sempurna," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi NTB, Lalu Gita Ariadi, Kamis (24/3/2022).

Sekda menjelaskan, pemerintah akan mengevaluasi segala lini yang terlibat dalam penyelenggaraan event balap motor bergengsi dunia tersebut. 

Dari kepanitiaan di setiap sektoral dan klaster hingga ke infrastruktur yang melingkupi. Termasuk, penataan UMKM dapat lebih baik lagi. Sehingga seluruhnya bisa mendapatkan manfaat dari terselenggaranya event MotoGP ini.

Karena itu, kata dia, pemprov juga akan meminta masukan dari para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ikut menyaksikan pertandingan perdana di Mandalika tersebut.

"Kita evaluasi semua kepanitiaan sektoral-sektoral, klaster-klaster, itu kita akan perbaiki. Mudah-mudahan ke depan infrastruktur semakin siap. ASN Pemprov dan para pejabat yang menonton wajib menyaksikan, mempelajari, dan mencatat apa yang kurang sehingga besok kita sudah punya bekal," ucap Miq Gite sapaan akrabnya.


Editor : Kastolani Marzuki