ilustrasi angin kencang. (Foto: Ist)
Antara

PRAYA, iNews.id - Angin kencang dan gelombang tinggi diperkirakan akan terjadi di sebagian wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB). Untuk itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) Lombok, mengimbau masyarakat untuk tetap waspada.
 
"Warga diharapkan tetap waspada saat terjadi angin kencang yang dapat menimbulkan bencana alam seperti atap rumah terbang, pohon tumbang dan kerusakan fasilitas umum lainnya," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi ZAM, Ari Wibianto dalam keterangan tertulisnya di Praya, Sabtu.

Bukan itu saja, ia juga mengimbau warga yang beraktivitas di pesisir pantai untuk waspada dampak gelombang tinggi yang terjadi di selat Lombok bagian utara dan selat alas bagian selatan serta Samudra Hindia di wilayah Nusa Tenggara Barat.

"Waspada dampak gelombang tinggi yang mencapai 2 meter lebih di wilayah perairan NTB," katanya.

Selain itu, BMKG juga mengimbau kepada para pengguna jasa transportasi laut dan para nelayan untuk tetap waspada dampak bencana yang dapat ditimbulkan. Sehingga tidak terjadi kecelakaan laut saat melakukan aktivitas di laut wilayah NTB.

"Kecepatan angin mencapai 27 knot dan tinggi gelombang 2 meter," katanya. 


Editor : Candra Setia Budi

BERITA TERKAIT