Banjir Dompu, Begini Penampakan Deretan Rumah Nyaris Roboh di Pinggir Sungai

Nani Suherni ยท Selasa, 02 Maret 2021 - 11:00:00 WIB
Banjir Dompu, Begini Penampakan Deretan Rumah Nyaris Roboh di Pinggir Sungai
Rumah rusak dan terbawa arus di Desa Dah, Dompu yang terkena banjir (Foto: Instagram/Zulkiflimansyah)

DOMPU, iNews.id - Banjir telah merusak sejumlah rumah dan infastruktur di tiga desa di Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (28/2/2020). Banyak rumah di pinggiran sungai yang terbawa arus hingga nyaris roboh.

Dari sejumlah foto yang dibagikan Gubernur NTB, Zulkiflimansyah memperlihatkan tanggul di Desa Daha rusak. Terpantau deretan rumah di pinggir sungai yang nyaris ambuk.

Diinformasikan, di Desa Daha ada 36 unit rumah hanyut, sisanya sebanyak 443 rumah alami kerusakan berat, sedang dan ringan. Dilaporkan juga, pagar Masjid Miftahul Jannah roboh dan mengalami kerusakan berat.

Di samping itu, satu unit mobil pikap, 15 sepeda motor, enam ekor sapi, lima ekor kerbau dan puluhan ternak kambing dan lainnya dikabatkan hanyut terbawa arus banjir. Belum lagi lahan seluas 50 hektare tidak luput dari terjangan banjir, akibatnya tanaman terancam gagal panen.

Sementara di Desa Rasabou, meski tidak terlalu parah dibandingkan di Desa Daha, setidaknya ada lima rumah rusak berat. Begitu juga di Desa Marada, juga sebanyak sembilan  rumah rusak berat, dua rumah hanyut terbawa banjir.

Menurut keterangan dari Kepala Desa Daha, Fadli, bahwa banjir tersebut terjadi akibat tingginya curah hujan yang terjadi di Wilayah Kecamatan Hu’u mulai dari hari Sabtu Pukul 23.00 Wita sampai dengan hari Minggu pukul 05.00 Wita. Sehingga hujan dari beberapa anak sungai di atas gunung meluap ke Daerah Aliran Sungai (DAS) Induk yaitu Sungai Sori Rewa, dimana sungai Sori Rewa tersebut menuju melalui perkampungan Desa Daha.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2