Berkeliaran Resahkan Warga, 5 Orang dengan Gangguan Jiwa Diamankan Dinsos Mataram

Antara · Jumat, 21 Mei 2021 - 14:35:00 WIB
Berkeliaran Resahkan Warga, 5 Orang dengan Gangguan Jiwa Diamankan Dinsos Mataram
Satgas Dinas Sosial Kota Mataram saat menertibkan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di wilayah Kecamatan Ampenan. (Foto: ANTARA/HO)

MATARAM, iNews.id - Sebanyak lima orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di wilayah Kecamatan Ampenan diamankan Dinas Sosial Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Mereka dibawa petugas lantaran selama ini kerap berkeliaran serta dinilai mengganggu kenyamanan dan ketertiban warga.

Kepala Dinas Sosial (Kadisos) Kota Mataram Baiq Asnayati mengatakan, dari kelima ODGJ, tiga orang di antaranya sudah dibawa pulang keluarganya.

"Dua orang lagi dengan jenis kelamin satu laki-laki dan satu perempuan masih di tampung di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Mutiara Sukma, NTB, untuk menjalani perawatan," katanya, Jumat (21/5/2021).

Kedua ODGJ yang dirawat di RSJ Mutiara Sukma tersebut sampai saat ini belum ada pihak yang mengaku sebagai keluarganya. Data identitas mereka juga sudah disebar ke 50 kelurahan se-Kota Mataram agar keluarganya bisa ditemukan.

Apabila dua ODGJ yang dirawat di RSJ Mutiara Sukma tersebut sudah selesai perawatan, harus ada pihak keluarga yang bertanggung jawab dan mengurus serta memberikan obat secara rutin.

"Jika tidak, ODGJ yang sudah membaik bisa kembali kambuh sebab untuk menyembuhkan ODGJ butuh waktu lama," ujarnya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: