BPBD Mataram Siagakan Puluhan Personel Satgas Patroli Dampak Anomali Cuaca

Antara ยท Kamis, 24 Juni 2021 - 15:05:00 WIB
BPBD Mataram Siagakan Puluhan Personel Satgas Patroli Dampak Anomali Cuaca
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram Mahfuddin Noor turun ke Pantai Loang Baloq. (Foto: Antara/Nirkomala)

MATARAM, iNews.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyiagakan puluhan personel dalam satuan tugas (satgas) bencana untuk melakukan patroli pada sejumlah titik rawan bencana. Antisipasi ini dilakukan melihat anomali cuaca beberapa hari ini.

"Setiap hari sekitar 60-70 personel turun melakukan patroli pada sejumlah titik rawan bencana, seperti di pesisir pantai, pinggir kali dan potensi rawan genangan," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram Mahfuddin Noor Kamis (24/6/2021).

Menurutnya, sebanyak 60-70 personel yang turun tersebut 20 orang di antaranya personel dari BPBD, sisanya dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Lingkungan Hidup serta Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Mataram. Saat ini, kondisi gelombang pantai masih landai dengan ketinggian gelombang di bawah satu meter dan aman bagi nelayan untuk melaut.

"Alhamdulillah, hasil pantauan selama Kota Mataram dilanda hujan dengan intensitas sedang dalam tiga hari terakhir, titik-titik rawan bencana relatif masih aman," katanya.

Untuk titik genangan memang masih ada di Jalan Selaparang, Negara Sakah dan Monjok Timur. Akan tetapi, kondisi genangan dengan ketinggian sekitar 10-15 centimeter masih belum mengkhawatirkan, sebab genangan akan surut maksimal satu jam setelah hujan reda.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2