Gagal Kerja di Arab Saudi, 13 Calon PMI Ilegal dari Lombok Timur Dipulangkan

Ramli Nurawang · Jumat, 14 Januari 2022 - 12:02:00 WIB
Gagal Kerja di Arab Saudi, 13 Calon PMI Ilegal dari Lombok Timur Dipulangkan
13 Calon PMI Ilegal dari Lombok Timur Dipulangkan (Foto: iNews/Ramli Nurawang)

MATARAM, iNews.id - Sebanyak 13 pekerja migran Indonesia (PMI) ilegal asal Lombok Timur dipulangkan. Mereka gagal berangkat ke Arab Saudi setelah satgas perlindungan PMI Kemenaker melakukan sidak di salah satu penampungan calon PMI ilegal di Bekasi.

13 PMI itu diduga merupakan korban tindak pidana perdagangan orang dari tekong atau sponsor. Para TKW ini dijanjikan berangkat menjadi pembantu rumah tangga ke Arab Saudi. Padahal negara tujuan masih tutup.

"Mereka indikasinya akan diberangkatkan ke Arab Saudi. Tapi ketahuan oleh Kemenaker jadi mereka dipulangkan," ucap petugas Disnakertran Lombok Timur (Lotim) Bambang Dwi Minardi, Kamis (13/1/2022).

Setelah melalui pemeriksaan kesehatan dan pembinaan di kantor dinas tenaga kerja setempat, para calon pmi ini kemudian dijemput oleh keluarga. Sementara, terduga pelaku yang menjadi sponsor sudah ditangani pihak kepolisian.

"Terduga pelaku sudah diusut. Kami itu sering kasih sosialisasi ke masyakarat. Tapi susah juga kalau mereka memaksa ingin bekerja (ilegal)," ucapnya.

Editor : Nani Suherni

Bagikan Artikel: