Hoaks Subsidi PLN Rp5 Juta sampai ke Warga NTB, Pemprov: Pastikan Melalui Website

Nani Suherni · Senin, 09 Mei 2022 - 11:10:00 WIB
Hoaks Subsidi PLN Rp5 Juta sampai ke Warga NTB, Pemprov: Pastikan Melalui Website
Hoaks Subsidi PLN Rp5 Juta sampai ke Warga NTB (Foto: iNews.id)

MATARAM, iNews.id - Hoaks subsidi PLN Rp5 juta rupanya menyebar hingga warga Nusa Tenggara Barat (NTB). Pemerintah Provinsi NTB pun meminta warga untuk lebih teliti mengecek link yang beredar lewat situs resmi PLN.

Di kalangan masyarakat tengah beredar sebuah informasi disertai link dengan narasi bahwa PT PLN (Persero) bagikan subsidi listrik sebesar Rp5 juta. Informasi tersebut disertai sebuah tautan yang diklaim sebagai cara untuk mendapatkan subsidi tersebut.

Diah Ayu Permatasari selaku Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN  bawa informasi tersebut bohong atau hoaks. 

"Informasi beserta tautan tersebut adalah tidak benar, dan bukan merupakan broadcast resmi dari PLN," katanya lewat keterangan tertulisnya, Minggu (8/5/2022).

Pihak PLN mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap informasi terkait cara memperoleh subsidi listrik, sebab mengarah pada modus penipuan. Seluruh informasi terkait subsidi listrik dan promo PLN dapat dilihat melalui aplikasi PLN Mobile.

Menanggapi beredarnya informasi palsu tersebut, Kepala Dinas Kominfotik NTB Najamuddin Amy.S.Sos mengimbau masyarakat untuk tidak mudah mempercayai informasi yang tidak jelas kebenarannya. Bang Najam sapaan akrabnya meminta masyarakat untuk dapat mengecek terlebih dahulu pada situ-situs resmi yang kredibel dan aman. 

"Untuk menghindari penipuan, masyarakat bisa pastikan melalui website resmi lembaga atau instansi terkait," katanya dikutip dari portal resmi Pemprov NTB, Senin (9/5/2022).

Editor : Nani Suherni

Bagikan Artikel: