Polda NTB Bantu Pendataan 23 PMI Ilegal Korban Kapal Karam di Batam

Antara ยท Jumat, 17 Juni 2022 - 16:16:00 WIB
Polda NTB Bantu Pendataan 23 PMI Ilegal Korban Kapal Karam di Batam
Direskrimum Polda NTB, Kombes Hari Brata. (ANTARA)

MATARAM, iNews.id - Polda NTB membantu pendataan korban kapal karam di perairan Batam, Kepulauan Riau yang mengangkut 30 PMI ilegal. Mayoritas korban merupakan warga NTB.

"Karena kami berada di hulu, maka kami membantu pendataan dengan mendatangi pihak keluarga korban," kata Direskrimum Polda NTB, Kombes Hari Brata di Mataram, Jumat (17/6/2022).

Menurut Hari, pendataan dilakukan Subdit Renakta Polda NTB dibantu BP2MI NTB. Data tersebut selain untuk identifikasi juga menjadi dasar polisi untuk menyelidiki dugaan pengiriman PMI ilegal ini.

"Kalau sudah ada data korban akan kami telusuri mulai dari perekrutan, pemberangkatan, oleh siapa, dan perusahaan mana. Itu akan kami telusuri semua," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, kapal yang mengangkut 30 PMI ilegal karam di perairan Pulau Putri, Batam. Sebanyak 23 orang telah ditemukan selamat, dan tujuh orang hilang.

Diduga pengiriman PMI ilegal itu melibatkan jaringan perekrut (tekong) dari Batam ke Malaysia. Korban selamat kini diamankan di Markas Komando Pangkalan Laut TNI AL di Batam.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: