RSUD Mataram Siapkan GeNose di Pintu Masuk Kota saat Lebaran Topat

Antara · Rabu, 19 Mei 2021 - 06:09:00 WIB
RSUD Mataram Siapkan GeNose di Pintu Masuk Kota saat Lebaran Topat
Penggunaan alat GeNose (Foto: Ilustrasi/Ist)

MATARAM, iNews.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), akan menyiapkan alat GeNose di depan pintu masuk kota. Langkah ini dilakukan saat puncak perayaan Lebaran Topat pada Kamis (20/5/2021).

"Setiap warga luar kota yang akan masuk kota, akan kita tes Covid-19 dengan alat GeNose melalui pengambilan sampel embusan nafas ke kantong udara, dan hasilnya tidak sampai 10 menit," kata Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Kota Mataram Lalu Martawang, Selasa (18/5/2021).

RSUD Kota Mataram saat ini memiliki dua unit alat GeNose sedangkan untuk penempatannya akan dikoordinasikan dengan jajaran Polresta Mataram, selaku pelaksana penyekatan sejumlah pintu masuk Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Jika ada yang terdeteksi positif Covid-19, langsung kita tindaklanjuti dengan test swab antigen di RSUD Kota Mataram. Karena itu, tim medis dari RSUD dan Dinas Kesehatan juga akan disiagakan di sejumlah titik penyekatan," katanya.

Martawang berharap tidak terjadi penumpukan warga saat Lebaran Topat. Dia juga tidak ingin kasus tsunami Covid-19 di India menyerang Indonesia.

"Harapannya, saat Lebaran Topat tidak terjadi penumpukan massa sehingga berpotensi menjadi wadah penyebaran Covid-19 seperti di India dengan kondisi yang horor dan sangat menakutkan," katanya.

Terkait dengan itu, pihaknya bersama jajaran aparat dari Polresta Mataram, akan melakukan rapat bagaimana antisipasi agar tradisi dari tahun ke tahun setiap Lebaran Topat bisa dicegah.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: