10 Tempat Wisata Alam Dekat Sirkuit Mandalika, Nomor 6 Rekomendasi dari Sandiaga Uno

Reza Rizki Saputra · Jumat, 29 Juli 2022 - 14:56:00 WIB
10 Tempat Wisata Alam Dekat Sirkuit Mandalika, Nomor 6 Rekomendasi dari Sandiaga Uno
Tempat Wisata Alam Dekat Sirkuit Mandalika

JAKARTA, iNews.id - Tempat wisata alam dekat Sirkuit Mandalika bisa jadi referensi Anda saat berlibur ke Nusa Tengga Barat (NTB). Artikel ini akan menyajikan 10 tempat wisata alam dekat Sirkuit Mandalika.

Sirkuit Internasional Mandalika atau yang bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit merupakan sebuah sirkuit balap yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (KEK Mandalika) di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 

Lokasinya yang terletak di wilayah pesisir, sehingga terkenal dengan tempat wisata pantai. Lombok memang merupakan salah satu Kawasan Ekonomi Khusus yang masuk dalam salah satu destinasi super prioritas. Selain area sirkuit yang indah, setidaknya terdapat beberapa tempat wisata di sekitarnya. Cocok banget disinggahi bagi kalian yang ingin berwisata ke Lombok.

Berikut beberapa tempat wisata alam dekat Sirkuit Mandalika:

1. Pantai Tanjung Aan

(Foto: Instagram IG@ademaulidurriza)
(Foto: Instagram IG@ademaulidurriza)

Tempat wisata alam dekat Sirkuit Mandalika yang pertama adalah Pantai Tanjung Aan. Pantai Tanjung Aan merupakan salah satu  destinasi wisata unggulan di kawasan Lombok Tengah. Tempat wisata ini dapat ditempuh kurang lebih 7 menit dari Sirkuit Mandalika, pantai ini terletak di Desa Pengembur, Sengkol, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Banyak aktivitas seru bisa kalian coba selagi liburan ke Pantai Tanjung Aan ini. Selain duduk bersantai menikmati pemandangan alam, kalian juga bisa berenang, snorkeling dan berburu kuliner di sekitar pantai. Jangan lewatkan juga waktu sore hari yang tenang, karena Pantai Tanjung Aan punya pesona sunset yang indah.

2. Bukit Merese

Bagi wisatawan yang menyukai pemandangan matahari terbit dan terbenam, bukit ini dapat menjadi pilihan yang cocok untuk kalian kunjungi. Bukit Merese terletak di Kecamatan Pujut. Bukit Merese merupakan salah satu spot favorit di Mandalika. Ketika berada di sini, wisatawan bisa berjalan-jalan santai mengitari hamparan rumput hijau yang luas sambil menikmati indahnya pemandangan laut biru. Bukan hanya itu saja, jika kalian datang di waktu yang tepat, kalian akan menyaksikan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang sungguh memukau, lho!

3. Pantai Kuta

Pemandangan pantai Kuta Mandaliika. (Foto: Istimewa)
Pemandangan pantai Kuta Mandaliika. (Foto: Istimewa)

Pantai Kuta Mandalika berlokasi di Desa Kuta, Pujur, Lombok Tengah. Pantai ini dapat dicapai menggunakan mobil atau motor dengan waktu tempuh sekitar 16 menit dari Sirkuit Mandalika. Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini dapat menikmati pemandangan hamparan pasir putih. Untuk menikmati pemandangan di kawasan tersebut, kalian perlu membayar biaya parkir mulai dari Rp 10.000 untuk mobil, dan mulai dari Rp 5.000 untuk motor.

4. Bukit Seger

Tempat wisata alam dekat Sirkuit Mandalika selanjutnya adalah Bukit Seger. Letaknya tak jauh dari Sirkuit Mandalika di sisi barat. Sesuai dengan namanya, bukit hijau dan  ciamik ini memiliki suasana serta pemandangan yang dapat membuat mata menjadi segar. Tak hanya itu, dari bukit ini wisatawan juga dapat melihat dengan jelas betapa megahnya sirkuit kebanggaan nusantara yang telah diakui oleh sejumlah penyelenggara event balap internasional.

5. Pantai Batu Berang

Destinasi wisata berada tak jauh dari kawasan Sirkuit Mandalika, yaitu pantai Batu Berang. Pantai ini berjarak sekitar 6,7 kilometer (km) atau kurang lebih 15 menit perjalanan menggunakan mobil dari Sirkuit Mandalika. Pantai Batu Berang berlokasi di Serenang, Mertak, Pujut, Lombok Tengah. Wisatawan dapat menikmati pemandangan hutan bakau di bagian pantai yang dekat dengan muara sungai dan pasir putih. 

Sama halnya seperti Pantai Kuta Mandalika dan Pantai Tanjung Aan, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan Pantai Batu Berang tanpa membayar tiket masuk. Wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir mulai dari Rp5.000 untuk kendaraan roda dua, dan mulai dari Rp10.000 untuk kendaraan roda empat.

6. Desa Wisata Sade dan Ende

Bagi wisatawan yang ingin mengenal lebih dekat dengan budaya Lombok, kalian dapat mengunjungi langsung Desa Wisata Sade. Desa Wisata Sade dapat kalian temukan di daerah Rembitan,  sementara Desa Wisata Ende terletak di Desa Sengkol. 

Desa wisata Sade bahkan pernah masuk daftar rekomendasi desa wisata terbaik dari Menparekfraf Sandiaga Uno.

Di kedua desa wisata ini, kalian dapat melihat secara langsung budaya dan tradisi Suku Sasak. Kalian juga dapat berkunjung ke rumah tradisional dengan bentuk dan bahan yang unik serta menonton serunya tarian Suku Sasak. Kerajinan tekstil buatan tangan Suku Sasak yang keren juga dapat kalian beli lho di Desa Wisata Sade dan Ende!

7. Desa Mertak

Desa Mertak merupakan desa wisata yang terletak di Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Desa ini menawarkan wisata yang terbilang lengkap. Mulai dari pantai, pegunungan hingga hutan bakau, semuanya bisa kalian temukan di Desa Mertak.

Tak heran jika Desa Mertak menjadi salah satu desa wisata yang tercantum dalam Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika. Untuk tiket masuk ke desa ini tak dipungut biaya atau gratis dengan jam operasional 24 jam.

8. Pantai Mandalika

Suasana kawasan Pantai Kuta di Mandalika, Lombok Tengah. (Foto: MNC Portal/Muzakir)
Suasana kawasan Pantai Kuta di Mandalika, Lombok Tengah. (Foto: MNC Portal/Muzakir)

Tempat wisata alam dekat Sirkuit Mandalika selanjutnya adalah Pantai Mandalika. Pantai ini terletak tak jauh dari Pantai Kuta, di pantai yang satu ini kalian dapat menemukan sejumlah spot foto yang keren-keren. Selain itu, Pantai Mandalika juga cocok banget untuk dijadikan destinasi wisata liburan bareng keluarga. Di dekat pantai, terdapat pula tempat bermain khusus untuk anak-anak. Pokoknya sekeluarga dijamin akan senang jika di bawa ke Pantai Mandalika.

9. Pantai Seger

Bagi wisatawan yang masih ingin merasakan pemandangan eksotis dari Mandalika, kalian bisa mengunjungi Pantai Seger yang letaknya cukup dekat dari Bukit Seger. Memiliki pemandangan landscape yang spektakuler, pantai ini menawarkan suasana yang asri dan damai.

Hal tersebut terlihat jelas dari bukit-bukit hijau kecil bisa kalian jelajahi di sekitar sini. Beberapa spot unik juga bisa kalian temukan di pesisir Pantai Seger. Terdapat sebuah batuan karang unik berbentuk jamur yang dikenal dengan sebutan Batu Tengkong. Selain itu, ada pula monumen Putri Mandalika yang menggambarkan seorang putri cantik yang hendak terjun ke laut dan diikuti oleh tiga orang pangeran.

10. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong
Pantai Selong

Tempat wisata alam dekat Sirkuit Mandalika selanjutnya adalah Pantai Selong Belanak. Pantai Selong Belanak merupakan salah satu spot surfing paling populer di Lombok.

Tempat wisata alam dekat Sirkuit Mandalika ini memang dikenal ramah untuk wisatawan yang baru belajar surfing. Sebab, ombak di Pantai Selong Belanak cukup pendek dan dangkal. Selain itu, pesona alam yang disuguhkan oleh Pantai Selong Belanak juga akan membuat takjub para wisatawan yang berkunjung.

Pantai ini terletak di Selong Belanak, Praya Barat, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Untuk tiket masuknya sendiri di mulai dari Rp2.000 dengan jam operasional 24 jam.

Itu dia penjelasan mengenai tempat wisata alam dekat Sirkuit Mandalika. Gimana? Tertarik untuk berkunjung?

Editor : Nani Suherni

Follow Berita iNewsNTB di Google News

Bagikan Artikel: