Tim gabungan mengevakuasi Hui Ki Ki (36), turis perempuan asal China yang mengalami kecelakaan saat mendaki Gunung Rinjani di Pulau Lombok, NTB, Selasa (9/8/2022). (FOTO ANTARA/HO-BTNGR)
Antara

MATARAM, iNews.id - Turis perempuan asal China bernama Hui Ki Ki (36) kecelakaan saat mendaki Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Selasa (9/8/2022). Dia dievakuasi turun gunung dalam keadaan selamat.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Dedy Asriady mengatakan, wisatawan asing tersebut terpeleset jatuh saat melintas turun dari arah Plawangan Sembalun menuju Danau Segara Anak, sekitar kilometer 10 jalur pendakian Gunung Rinjani, pada Minggu (7/8/2022).

"Petugas mendapat laporan dari salah satu trekking organizer (TO), tamunya mengalami kecelakaan sehingga menyebabkan korban mengalami sakit pada kedua lutut dan tidak bisa berjalan," katanya, Selasa (9/8/2022).

Dia mengatakan, pramuantar (porter) dan pemandu wisata (guide) yang bersama wisatawan tersebut menggendong korban sehingga bisa sampai di area perkemahan Danau Segara Anak.

BTNGR Resor Sembalun yang mendapatkan laporan kemudian mengerahkan tim evakuasi terdiri atas 10 porter dan dua tenaga medis. Mereka bergerak menuju lokasi korban (area camp Danau Segara Anak).

Tiba di lokasi, tim evakuasi langsung observasi serta penanganan medis terhadap kondisi korban. Setelah itu bergerak membawa korban turun gunung menggunakan tandu.

"Tim evakuasi bersama korban tiba di batas kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani dalam keadaan selamat pada pada Selasa dini hari," ujarnya.

Sebelumnya, Morina Nurhayati (32), pendaki asal Pulogadung Jakarta juga mengalami kecelakaan saat melakukan pendakian pada Sabtu (6/8/2022). Korban terpeleset di jalur pendakian Torean, Senaru, Kabupaten Lombok Utara sehingga tidak bisa melanjutkan perjalanan. Korban dievakuasi dengan selamat pada Minggu (7/8/2022).


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT