Ilustrasi Motokros (Istimewa)
Antara

LOMBOK TENGAH, iNews.id - Bupati Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Pathul Bahri mewacanakan pembangunan Sirkuit Motokros. Padahal, ajang MotoGP saat ini belum digelar.

Dia mengatakan, sirkuit motokros ini diwacanakan dibagun di kawasan hutan Desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah, NTB.

"Rencana lintasan motokros ini akan dibangun di wilayah utara Kabupaten Lombok Tengah," kata Lalu Pathu, Kamis (24/2/2022).

Lalu menambahkan, pembangunan ini guna mendukung pengembangan destinasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Menurutnya, dengan adanya pembangunan di wilayah utara tersebut dapat menyeimbangkan ekonomi masyarakat Lombok Tengah antara yang di selatan dengan di utara. Sehingga diharapkan bisa menggerakkan ekonomi masyarakat saat pandemi Covid-19 dan bisa menjadi daya tarik kunjungan wisatawan.

"Di selatan ada Sirkuit MotoGP Mandalika dan di utara akan ada Sirkuit motorkros," katanya.

Rencana pembangunan lintasan tersebut telah dikomunikasikan dengan Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo. Pria yang kerap disapa Bamsoet itu merespons positif. Pasalnya, ajang sport tourism akan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan di NTB umumnya dan Lombok Tengah khususnya.

"Tim survei akan turun guna melihat rencana jalur lintasan Sirkuit yang akan dibangun tersebut," katanya.

"Ini masih wacana, karena untuk lahan masih butuh kajian. Semoga  ini berjalan sesuai dengan rencana," tutupnya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto