Bawaslu NTB Tolak Gugatan TSM Cabup Sumbawa Jarot-Mokhlis Terhadap Mo-Novi

Harikasidi, Antara ยท Selasa, 12 Januari 2021 - 07:34:00 WIB
Bawaslu NTB Tolak Gugatan TSM Cabup Sumbawa Jarot-Mokhlis Terhadap Mo-Novi
Majelis sidang Bawaslu Nusa Tenggara Barat dalam sidang putusan sengketa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa di Kantor Bawaslu Provinsi NTB, Mataram, Senin (11-1-2020).(Foto: Antara/Nur Imansyah

MATARAM, iNews.id - Bawaslu Nusa Tenggara Barat (NTB) menolak seluruh gugatan dugaan pelanggaran terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) yang dilayangkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa, Syarafuddin Jarot-Mokhlis terhadap pasangan Mahmud Abdullah-Dewi Noviany (Mo-Novi). Majelis sidang menolak seluruh dalil-dalil yang diajukan para pemohon.

Ketua Bawaslu Provinsi NTB Muhammad Khuwailid menegaskan jika merujuk fakta-fakta persidangan, unsur menjanjikan dari bukti-bukti yang diajukan untuk memenangkan pasangan Mo-Novi tidak terlihat. 

"Misalnya, program pembagian bantuan Covid-19, Pemprov NTB berupa masker yang ditumpangi bantuan masker untuk pasangan Mo-Novi terbantahkan. Maka, majelis berkeyakinan perbuatan menjanjikan itu tidak terbukti," ujarnya. 

Disaksikan para kuasa hukum dua paslon dan empat anggota Bawaslu NTB lainnya, Khuwailid mengatakan pelaporan terkait dengan pembagian uang di Kecamatan Lopok, Kabupaten Sumbawa, pelapor juga tidak bisa membuktikan pembuktiannya.

Hal serupa juga terjadi pada proyek pemasangan paving block yang dituduhkan pelapor di Dusun Kembang Kuning. Dalam hal ini, terlapor membantah jika program yang bersumber dalam APBD Perubahan NTB 2020 juga tidak ada hubungannya dengan memenangkan pasangan Mo-Novi. 

Apalagi, lanjut dia, klaim jika ada pertemuan dengan anggota DPRD Provinsi NTB Sembirang Ahmadi, juga terbantahkan dengan adanya fakta persidangan.

Editor : Nani Suherni