Bendungan Meninting NTB Jadi Objek Wisata Baru dengan Track Sepeda Standar Internasional

Nani Suherni · Kamis, 07 Januari 2021 - 11:35:00 WIB
Bendungan Meninting NTB Jadi Objek Wisata Baru dengan Track Sepeda Standar Internasional
Gubernur NTB Zulkieflimansyah meninjau langsung progres pembangunan Bendungan Meninting di Lombok Barat (Foto: Dok Pemprov NTB)

MATARAM, iNews.id - Proses pembangungan Bendungan Meninting terus digenjot agar dapat selesai sesuai target di tahun 2023. Rencananya, bendungan tersebut tidak hanya difungsikan sebagai waduk, tetapi juga menjadi objek wisata baru yang menyediakan track sepeda berstandar Internasional sejauh 60 Km menembus Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Lombok Tengah. 

Untuk memastikan proses pembangunannya berjalan lancar, Gubernur NTB Zulkieflimansyah meninjau langsung progres pembangunannya di Lombok Barat. 

"Ini adalah sebuah kerja besar. Tapi dengan kebersamaan, semuanya Insya Allah akan jadi mudah," ujar pria yang akrab disapa Kang Zul ini, dikutip webiste resmi Pemprov NTB, Kamis (7/1/2021).

Sementara itu, Kepala BWS Nusa Tenggara I Hendra Ahyadi menjelaskan, Bendungan Meninting dibangun di tanah seluas 50 hektar yang berada di Desa Meninting Kecamatan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat. Bendungan ini nantinya akan mampu menampung debit air sebesar 12 juta kubik. 

Hendra menambahkan, dengan view perbukitan yang mengelilinginya, Bendungan Meninting dengan sendirinya akan menjadi daya tarik wisata nantinya. Track sepeda sepanjang 60 Km berstandar internasional juga akan dibangun dengan tembusan KEK Mandalika. Sehingga Indonesia nantinya bisa menjadi tuan rumah untuk acara sepeda internasional.

Editor : Nani Suherni