Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Diestimasikan Serap 58.700 Tenaga Kerja

Antara ยท Selasa, 03 Agustus 2021 - 10:07:00 WIB
Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Diestimasikan Serap 58.700 Tenaga Kerja
Ilustrasi. Pembangunan Jalan Kawasan Khusus (JKK) The Mandalika. (Foto: Istimewa)

MATARAM, iNews.id - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), diestimasikan bisa menyerap hingga 58.700 orang tenaga kerja hingga 2025 mendatang. Estimasi itu dengan kondisi jika kawasan yang kini ditetapkan sebagai Destinasi Super Prioritas Nasional (DSPN) sudah mulai beroperasi penuh. 

"Estimasi penyerapan tenaga kerja sampai 2025 di Mandalika 58.700 orang. Sementara proyeksi investasi Rp40 triliun," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) NTB, I Gede Putu Aryadi di Mataram, Senin (2/8/2021).

I Gede Putu Aryadi merinci, tenaga kerja yang dibutuhkan saat sirkuit MotoGP Mandalika beroperasi mencapai 11.900 pekerja di berbagai sektor. Pekerja tersebut termasuk di luar pekerjaan terkait infrastruktur seperti UMKM, kerajinan tangan, dan lainnya. 

"Khusus untuk infrastruktur saja membutuhkan 5.800 tenaga kerja. Sementara perhotelan juga membutuhkan 4.250 hingga 8.350 tenaga kerja," ujarnya. 

Rencananya, ada delapan hotel bintang 5 yang dibangun di dalam kawasan Mandalika. Setiap hotel membutuhkan 385 pekerja diberbagai sektor. 

"Itu artinya butuh sekitar 3.080 orang pekerja diberbagai spesifikasi yang harus disiapkan jika kawasan itu beroperasi," ucapnya.

Menurut Aryadi, saat ini saja kebutuhan tenaga kerja untuk mendukung Mandalika sudah banyak yang terserap. Mereka kebanyakan bekerja di bidang infrastruktur pendukung mulai pembangunan akses jalan dari bandara menuju Mandalika, perluasan kapasitas terminal bandara, dan rumah sakit.

"Ini saja sudah banyak yang terserap. Mereka-mereka yang bekerja ini banyak dari mitra-mitra ITDC. Bukan hanya di sektor infrastruktur, tetapi juga di hotel sekitar dan tenaga IT. Belum lagi mereka yang bekerja di UMKM," katanya.

Dalam mendukung kesiapan tenaga kerja untuk Mandalika, pihaknya sudah melakukan pelatihan-pelatihan bekerja sama dengan sejumlah lembaga pelatihan, seperti BLKN Lombok Timur, Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS), asosiasi industri pariwisata dan UMKM di wilayah itu.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2