Meriahkan HUT RI, 77 Penyelam Kibarkan Merah Putih di Taman Laut Pandanan Lombok Utara

Antara ยท Selasa, 16 Agustus 2022 - 23:05:00 WIB
Meriahkan HUT RI, 77 Penyelam Kibarkan Merah Putih di Taman Laut Pandanan Lombok Utara
Sebanyak 77 penyelam mengibarkan bendera Merah Putih di bawah laut Pandanan, Lombok Utara, Selasa (16/8/2022). (Foto: Antara)

LOMBOK UTARA, iNews.id - Sebanyak 77 penyelam mengibarkan Bendera Merah Putih di perairan Taman Laut Pandanan, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Selasa (16/8/2022).

Pengibaran bendera tersebut untuk memeringati hari ulang tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pengibaran bendera di Taman Laut Pandanan melibatkan penyelam dari Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Denpasar, Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional Kupang Wilayah Kerja Gili Matra, Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam Nusa Tenggara Barat, Polisi Air dan Udara Polda Nusa Tenggara Barat, TNI Angkatan Laut, Badan SAR Nasional, serta Dinas Kelautan dan Perikanan Nusa Tenggara Barat.

Selain itu, mahasiswa dari Universitas Mataram serta anggota Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat, Yayasan Deep Blue Sea, Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Pandanan, Pokmaswas Deep Blue Sea, dan PT Amman Mineral Nusa Tenggara juga terlibat dalam kegiatan pengibaran bendera tersebut.

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Nusa Tenggara Barat, Ruspono mengatakan, selain pengibaran bendera di dalam laut, peringatan ulang tahun ke-77 Kemerdekaan RI juga meliputi kegiatan pelepasan 178 tukik di perairan Taman Laut Pandanan.

Menurut dia, jumlah tukik yang dilepaskan merupakan gabungan dari tanggal dan bulan kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu tanggal 17 dan bulan 8.

"Tukik-tukik tersebut berasal dari penetasan semi alami yang dilakukan oleh Kelompok Pelestari Penyu Kerabat Penyu Lombok di Desa Kuranji Dalang, Lombok Barat," katanya.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: