Moeldoko Cek Bandara Lombok: Setelah Siap Dioperasikan, Bisa Diresmikan Presiden

Antara · Senin, 07 Juni 2021 - 13:50:00 WIB
Moeldoko Cek Bandara Lombok: Setelah Siap Dioperasikan, Bisa Diresmikan Presiden
Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko mengecek pengembangan Bandara Lombok (Foto: dok AP I)

LOMBOK TENGAH, iNews.id - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memastikan pengerjaan pengembangan Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, selesai tepat waktu. Jika siap dioperasikan, bandara ini akan diresmikan Presiden Joko Widodo.

"Saya mengapresiasi progres proyek pengembangan Bandara Lombok ini, sehingga untuk menyambut perhelatan MotoGP di Indonesia, infrastruktur bandara tidak jadi kendala," ujar Moeldoko saat meninjau proyek pengembangan Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok di Lombok Tengah, Senin (7/6/2021).

Menurut mantan Panglima TNI tersebut, pengembangan bandara yang masuk daftar Proyek Strategis Nasional (PSN). Bandara ini ditargetkan siap beroperasi sepenuhnya sebelum perhelatan MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

"Kami akan mengawal timeline dan target penyelesaiannya. Harapannya, nanti setelah siap dioperasikan, bandara ini bisa diresmikan oleh Presiden," ucap Moeldoko.

Peninjauan proyek pengembangan Bandara Lombok bukan kali ini saja dilakukan oleh Kantor Staf Presiden (KSP). Sebelumnya, KSP telah melakukan verifikasi lapangan pada Oktober 2020.

"Selain merupakan PSN sesuai dengan Perpres Nomor 109 tahun 2020, proyek ini juga dilaksanakan bukan hanya untuk nama baik PT Angkasa Pura I (Persero) tapi untuk nama baik negara, mengingat bandara ini merupakan pintu gerbang utama dalam menyambut kedatangan wisatawan mancanegara," katanya.

Selain itu, Moeldoko menambahkan, KSP telah berkoordinasi dengan Angkasa Pura I dan Kementerian PUPR terkait jalan bypass Bandara Internasional Lombok - Mandalika terutama mengenai lahan di kawasan bandara.

Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Febry Calvin Tetelepta menambahkan pengembangan Bandara Internasional Lombok tidak hanya bermanfaat untuk mendukung penyelenggaraan Super Bike dan MotoGP. Tetapi juga untuk menunjang aktivitas ekonomi dan mobilitas masyarakat.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2