RSUD Kota Mataram Buka Layanan Vaksinasi Covid-19 selama Ramadan

Antara ยท Rabu, 07 April 2021 - 08:10:00 WIB
RSUD Kota Mataram Buka Layanan Vaksinasi Covid-19 selama Ramadan
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (Foto: Antara/Nirkomala)

MATARAM, iNews.id - Rumah Sakit Umum Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, memastikan tetap membuka layanan vaksinasi Covid-19 selama ramadan sesuai dengan jadwal kerja yang ditetapkan. Rumah sakit berpendoman pada rekomendasi Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Rekomendasi MUI menyebutkan suntikan vaksin tidak membatalkan puasa. Karena itu, pelayanan vaksinasi tetap kita laksanakan pagi hingga siang," kata Plt Wakil Direktur (Wadir) Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram dr Tris Cahyoso, Selasa (6/4/2021).

Pernyataan itu disampaikan menanggapi adanya masukan agar pelayanan vaksin Covid-19 pada bulan puasa dilaksanakan malam hari. Pasalnya, masih ada sebagian warga dari kalangan umat muslim yang enggan disuntik saat menjalankan ibadah puasa.

Apalagi salah satu dampak yang ditimbulkan setelah pemberian vaksin Covid-19 adalah lapar atau meningkatnya nafsu makan.

"Sejauh ini, untuk pelayanan vaksinasi Covid-19 pada waktu malam di bulan puasa, belum ada rencana. Kita masih fokus pelayanan pagi atau sesuai jam kerja," katanya lagi.

Lebih jauh Tris mengatakan, pelayanan vaksinasi Covid-19 di RSUD Kota Mataram rata-rata per hari mencapai 200-250 orang, termasuk dari kalangan lanjut usia (lansia) namun jumlahnya di bawah 5 persen.

Karena itu untuk meningkatkan cakupan vaksinasi lansia, mulai 27 Maret 2021, RSUD Kota Mataram, menerapkan aturan baru yakni memberikan pelayanan vaksinasi anak muda usia 20-30 tahun, asalkan mengajak satu orang lansia yang belum divaksin Covid-19.

"Lansia yang diajak oleh anak muda yang ingin divaksin itu boleh siapa saja, apakah itu neneknya atau tetangganya asalnya ber KTP Mataram. Jika tidak membawa lansia, kami tidak bisa melayani," katanya.

Dikatakan, aturan tersebut bertujuan agar cakupan vaksinasi Covid-19, bagi lansia bisa segera mencapai target sasaran yakni sebanyak 13.366 orang. Sementara data Dinas Kesehatan Kota Mataram per tanggal 31 Maret 2021, cakupan vaksinasi lansia tahap pertama baru mencapai 56,73 persen.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2