Sandiaga Sebut Bima jadi Destinasi Wisata Baru di Indonesia

Nani Suherni · Senin, 14 Juni 2021 - 12:49:00 WIB
Sandiaga Sebut Bima jadi Destinasi Wisata Baru di Indonesia
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Dok Pemprov NTB)

BIMA, iNews.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan Bima akan bersaing dengan daerah tujuan wisata lainnya di Indonesia. Penegasan ini disampaikan Sandiaga Uno saat berkunjung ke Desa Wisata Maria.

Sandi juga mengunjungi situs bersejarah yang masih lestari hingga kini yakni Uma Lengge. Tempat itu merupakan bangunan tradisional suku Mbojo yang mendiami wilayah yang kini masuk dalam Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima.Uma Lengge berbentuk kerucut di bagian atap. Pada zaman dulu, Uma Lengge digunakan sebagai tempat tinggal oleh masyarakat Wawo dan sebagian digunakan juga sebagai lumbung padi.

“Kami akan terus memberikan pendampingan di Desa Wisata Maria agar objek wisata ini tumbuh dan menjadi destinasi wisata baru di Indonesia,” kata Sandi dikutip dari portal resmi Pemprov NTB, Senin (14/6/2021).

Pendampingan itu menurut Sandi meliputi seluruh aspek yang diperlukan oleh desa wisata dengan penyusunan rencana pembangunan desa wisata dilanjutkan dengan pembangunan sumber daya manusia, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga desa wisata. Kemudian pendampingan institusi desa wisata, serta pembangunan fisik atau infrastruktur dengan melibatkan kementerian dan lembaga-lembaga terkait.

“Kita ingin desa wisata hadir membuka peluang ekonomi dan membuka lapangan kerja serta lapangan usaha seluas-luasnya untuk meningkatkan ekonomi rakyat yang sangat membutuhkan pertolongan,” katanya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2