Siswa Mataram Diwajibkan Pakai Baju Adat Suku Sasak Setiap Hari Sabtu

Antara ยท Kamis, 25 November 2021 - 11:51:00 WIB
Siswa Mataram Diwajibkan Pakai Baju Adat Suku Sasak Setiap Hari Sabtu
Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram Lalu Fatwir Uzali (Foto: Antara/Nirkomala)

MATARAM, iNews.id - Dinas Pendidikan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menerapkan kebijakan penggunaan pakaian adat Suku Sasak setiap hari Sabtu. Kebijakan ini berlaku pada minggu ke tiga setiap bulannya sebagai salah satu upaya pelestarian budaya lokal Suku Sasak.

"Selain itu, penggunaan pakaian khas sasak ini masuk ke dalam materi pelajaran muatan lokal yaitu mengembangan kebudayaan daerah, sekaligus bertujuan untuk mengembalikan suasan sekolah seperti sebelum pandemi," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram Lalu Fatwir Uzali, Rabu (24/11/2021).

Untuk melaksanakan hal itu, pihaknya telah mengirim surat edaran kepada semua sekolah tingkat SD dan SMP se-Kota Mataram, terkait penggunaan pakaian daerah di lingkungan sekolah pada minggu ketiga setiap bulan. Baik untuk guru maupun pelajar.

Pakaian yang dianjurkan untuk digunakan yaitu pakaian sasak keseharian, bukan pakaian sasak nyongkolan. Untuk guru atau siswa perempuan bisa memakai lambung atau kebaya.

"Tapi, pakaian yang paling nyaman untuk beraktivitas di sekolah, ya lambung. Sedangkan untuk yang muslim bisa dilengkapi dengan menggunakan hijab dan manset. Perlu diingat, guru dan siswa tidak harus berias apalagi masuk salon," katanya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: