Wapres Kunjungi Lombok Barat, Pastikan Wabah PMK Tak Ganggu Stok Sapi di Musim Kurban

Muzakir · Kamis, 30 Juni 2022 - 17:29:00 WIB
Wapres Kunjungi Lombok Barat, Pastikan Wabah PMK Tak Ganggu Stok Sapi di Musim Kurban
Wapres Ma'ruf Amin saat menemui kelompok ternak tani di Kabupaten Lombok Barat, NTB. (Foto : iNews/Muzakir)

LOMBOK, iNews.id - Wakil Presiden Ma'ruf Amin berkunjung ke Kelompok Tani Ternak (KTT) Reyan Baru di Kelurahan Gerung Selatan, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (30/6/2022). Kedatangannya untuk memastikan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Wapres menilai kelompok tani di daerah tersebut berhasil melalui kondisi sulit menghadapi wabah penyakit yang menjangkiti ternak sapi

"Pemerintah prihatin dan membuat kebijakan vaksinasi pada hewan ternak sapi," ujar Ma'ruf Amin, Kamis (30/6/2022).

Menurutnya, langkah pemerintah dengan program vaksinasi di beberapa daerah untuk mencegah penularan penyakit kepada sapi sehat, terutama di musim kurban menjelang Hari Raya Idul Adha

Wapres mengimbau para petugas terus mengawasi dan memastikan hewan kurban bebas PMK. Termasuk distribusi ternak sapi keluar daerah harus mengikuti ketentuan Kementerian Pertanian. 

Sementara Ketua KTT Reyan Baru Sudirman menjelaskan, kelompoknya terdiri atas 107 peternak dengan 327 ekor sapi. Saat wabah PMK melanda, ada enam ekor sapi terpapar. Kemudian bertambah 170 ekor sebelum semua sapi di kandang terjangkit dengan gejala kuku terlepas dan mulut rusak.

"Alhamdulillah penanganan yang cepat dari dinas terkait Lombok Barat cepat memulihkan kondisi sapi sapi ini," katanya. 

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: