Waspada, Siklon Tropis Picu Gelombang Tinggi di Lombok Tengah

Antara · Senin, 03 Oktober 2022 - 16:43:00 WIB
Waspada, Siklon Tropis Picu Gelombang Tinggi di Lombok Tengah
Ilustrasi Waspada, Siklon Tropis Picu Gelombang Tinggi di Lombok Tengah (Foto: Antara)

LOTENG, iNews.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, mengimbau nelayan dan pemancing mewaspadai siklon tropis. Hal ini bisa menyebabkan gelombang tinggi, hujan deras dan angin kencang di wilayah tersebut. 

"Ketika terjadi cuaca ekstrem, warga untuk sementara waktu jangan melaut," kata Kepala BPBD Lombok Tengah, Ridwan Maruf di Praya, Senin (3/10/2022).

Dia mengatakan dampak cuaca ekstrem ini harus bisa menjadi pelajaran, karena dalam sebulan di Lombok Tengah sudah tiga orang pemancing yang tenggelam dan terseret ombak. Sehingga para pemancing maupun para nelayan untuk tetap waspada, supaya tidak terjadi kecelakaan laut atau hal yang tidak diinginkan.

"Warga harus tetap waspada," katanya.

Terpisah, Prakirawan BMKG Stasiun Geofisika Zaenudin Abdul Majid Lombok, Agastya Ardha Chandra Dewi mengatakan perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia diindikasikan terdapat signifikansi dinamika atmosfer. Hal ini dapat berdampak pada potensi peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Kondisi dinamika atmosfer terkini di wilayah NTB, menunjukkan adanya belokan dan perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan pola konvektivitas serta aktifnya fenomena Madden Jullian Oscillation_ (MJO) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuator .

"Potensi tinggi gelombang yang mencapai 2 meter atau lebih di Selat Lombok bagian selatan, Selat alas bagian selatan, Selat Sape bagian selatan, dan Samudera Hindia selatan NTB," katanya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: