Gubernur NTB, Zulkieflimansyah dan Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid (Foto: Dok Pemprov NTB)
Nani Suherni

GERUNG, iNews.id - Bundaran bypass Giri Menang Square (GMS), Gerung, Lombok Barat (Lobar) akan dipercantik menyambut gelaran MotoGP Mandalika. Diketahui, Gerung sebagai pintu gerbang menuju Kota Mataram dan Kawasan Mandalika.

Hal itu disampaikan Gubernur saat berkunjung dan bersilaturahmi dengan Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid di ruang kerja Bupati Lombok Barat, Giri Menang, Gerung, Selasa (18/01/22).

"Insyaallah sebelum MotoGP, Bundaran Bypass, Gerung sudah didandani indah oleh Dinas Perkim Lombok Barat," kata Gubernur NTB, Zulkieflimansyah dilansir dari portal resmi Pemprov NTB, Rabu (19/1/2022).

Menanggapi hal itu, Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid mengatakan, bahwa pemerintah Kabupaten Lombok Barat dan Pemerintah Provinsi NTB akan terus memperkuat sinergitas dalam menyambut perhelatan Akbar MotoGP di Sirkuit Mandalika. Salah satu fokus Lombok Barat memperindah dan menata Bundaran By Pass.

"Termasuk lampu-lampu bundaran dan lampu jalan yang menjadi wewenang Pemda Lombok Barat juga sudah kami siapkan," katanya.

Dia menjelaskan, untuk penataan bundaran Gerung sebenarnya sudah dua kali dianggarkan mulai dari tahun 2020 dan 2021. Tapi selalu kena refocusing dan dialihkan untuk penanganan Covid-19.  

"Meski demikian, kami tetap upayakan untuk ditata dan diperindah sebelum event MotoGP digelar," tegasnya.

Selain itu, lanjutnya, untuk mengantisipasi kekurangan penginapan dan hotel bagi penonton MotoGP. Pemda Lombok Barat juga telah berkomunikasi dengan travel-travel lokal untuk mengidentifikasi rumah-rumah warga yang kosong di Lombok Barat untuk dijadikan homestay.

"Alhamdulillah Dinas Pariwisata Lobar dan Travel lokal sedang melalukan standarisasi rumah-rumah warga yang layak dijadikan sebagai homestay," ucapnya. 

Fauzan bahkan menjelaskan , ada beberapa travel dari luar daerah telah menawarkan penginapan dengan pola memakai tenda. Sekitar ada ribuan tenda yang akan disiapkan.

"Terakhir ada dari Palembang, mereka mau siapkan 1000 tenda di Gili Gede. Itu semua kita sambut dan layani. Karena impact nya akan begitu luar biasa ketika event MotoGP di gelar di Lombok," ujarnya.


Editor : Nani Suherni