Menparekraf, Sandiaga Uno dalam Manager Forum LIV (54th) MNC Group bertajuk Strategi dan Prioritas Kemenparekraf dalam Percepatan Pemulihan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia & Corporate Business Update, Jumat (26/2/2021). (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, ingin memastikan produk kreatif para pelaku ekonomi kreatif di Lombok, NTB, bisa mendunia. Sandi menegaskan perlu kerja sama berbagai pihak untuk mengembangkan dan memajukan pelaku ekonomi kreatif yang berada di sekitar kawasan Mandalika.

Hal tersebut dilontarkan Sandiaga dalam acara peluncuran KKI 2021 dengan tema “Eksotisme Lombok” yang digelar secara daring dan luring dari ITDC Mandalika, Lombok, NTB, Rabu (3/3/2021).

“Kita harus memastikan bahwa produk-produk kreatif dari Lombok ini bisa mendunia,” kata Sandiaga.

Dia mengatakan di sekitar kawasan Mandalika merupakan salah satu dari lima destinasi super prioritas di Indonesia. Menurutnya, kunci utama untuk memperkenalkan produk-produk kreatif tersebut ke pasar internasional adalah melalui digitalisasi pelaku ekonomi kreatif ke platform digital. Sehingga, para konsumen yang berminat membeli produk-produk tersebut dapat berbelanja lewat platform digital tanpa harus bertransaksi secara fisik.

Sandiaga juga mengapresiasi Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, dan jajarannya yang mempromosikan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) sebagai metode pembayaran dalam transaksi produk-produk yang diperkenalkan dalam gerakan KKI.

“QRIS ini juga sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari gernas BBI (Bangga Buatan Indonesia) dan saya juga mengingatkan untuk bangga ‘berwisata di Indonesia’ dengan #diindonesiaaja,” ujar Sandiaga.

Sementara itu, Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, mengatakan NTB khususnya Lombok memiliki potensi dan kapasitas sumber daya manusia yang sangat hebat. Potensi ini, lanjut Zulkieflimansyah, perlu dikembangkan lebih jauh lewat program KKI yang juga berkaitan dengan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia ini.

“Eksotisme Lombok bukan hanya sebatas keindahan wilayah, alam, dan kuliner yang menggiurkan yang kita nikmati bersama. Tapi eksotisme Lombok adalah lambang kebangkitan, bahwa ternyata UKM kita mampu menciptakan apa yang selama ini kita tidak kita khayalkan sebelumnya,” kata Zulkieflimansyah.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan, menambahkan produk kreatif Indonesia memiliki potensi yang besar di luar negeri. Sehingga potensi ini perlu dikembangkan agar produk-produk tersebut memiliki nilai tambah untuk meningkatkan keunggulan daerah.

“Apa yang kita lakukan saat ini melalui Bangga Buatan Indonesia saya kira sudah tepat. Kita sudah bergerak mempersiapkan produk-produk unggulan daerah,” ujar Luhut.


Editor : Nani Suherni

Halaman Selanjutnya
Halaman :
1 2
BERITA POPULER
+
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network