Tangkapan layar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat mengikuti NWDI secara virtual
Edy Gustan

MATARAM, iNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebutkan pemerintah akan memulai program tour spiritual destinasi wisata halal dari Lombok NTB. Hal itu dia sampaikan saat berbicara dalam Muktamar perdana Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) yang berlangsung di Pancor, Lombok Timur Minggu (30/1/2022).
 
Menurutnya, NTB yang pernah meraih penghargaan World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon Destination menjadi contoh pengembangan wisata halal di Indonesia. Terlait dengan itu, pihaknya akan mendorong konsep moslem friendly tentu ditopang dengan regulasi, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), hingga pengembangan infrastruktur. 

"Tour spritual destinasi wisata halal dimulai dari Lombok sehingga nantinya penting kita mengembangkan destinasi wisata, pengembangan produk kuliner, dan memperbanyak event," ujar Sandiaga Uno lewat aplikasi Zoom. 

Sandiago Uno mengatakan perluasan pasar wisata juga harus dilakukan untuk mendukung sektor pariwisata. Dia mencontohkan banyak produk kuliner NTB baik Lombok, Sumbawa, dan Mbojo yang perlu dikembangkan. 

"Jika saat ini sudah ada Ayam Taliwang, Pelcing Kangkung, dan sebagainya, maka perlu ada lagi kuliner lain untuk memperkaya produk wisata kita. Ada juga Nasi Puyung yang tidak kalah nikmat bisa dikembangkan," ujarnya.
 
Tidak hanya itu, dia menyampaikan pernah berziarah ke makam pahlawan TGH Maulana Syeich Zainuddin Abdul Majid yang juga pendiri organisasi Nahdlatul Wathan. Menurutnya keberadaan destinasi wisata di NTB baik di Pulau Lombok maupun di Pulau Sumbawa memiliki nilai dan daya tarik tinggi. 

Tidak heran jika NTB, kata Sandiaga Uno memiliki daya magnet wisata luar biasa. Terlebih saat ini NTB melalui Kawasan Wisata Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika sudah mempunyai Sirkuit Pertamina Mandalika tempat berlangsungnya event Internasional. 

Terkait itu, dia mengajak jemaah NWDI untuk bersma-sama mendukung program pemerintah baik sekotor pariwisat maupun sektor pengembangan ekonomi. NWDI juga didorong menyukseskan wisata halal tentu dengan memunculkan produk khas NWDI. 

"Ayo NWDI semangat, semangat, semangat," ujarnya.


Editor : Nani Suherni

BERITA TERKAIT