5 Contoh Teks Pidato Bahasa Inggris Singkat Beserta Artinya, Yuk Belajar!

Ami Heppy S · Selasa, 27 September 2022 - 21:04:00 WIB
5 Contoh Teks Pidato Bahasa Inggris Singkat Beserta Artinya, Yuk Belajar!
Contoh Teks Pidato Bahasa Inggris   (Foto: Comstock/Photo Images)

JAKARTA, iNews.id - Contoh teks pidato bahasa Inggris berikut ini bisa menambah referensi belajar siswa.
Berpidato dalam bahasa Inggris sebenarnya tidaklah sulit. Kamu juga tidak perlu takut jika harus berpidato dalam bahasa Inggris.

Meski bukan bahasa utama yang kita gunakan, namun kita cukup sering menemukan kosa kata bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.
Berikut beberapa contoh pidato bahasa Inggris singkat berbagai tema yang bisa kamu jadikan referensi.

5 Contoh Teks Pidato Bahasa Inggris

Dirangkum dari berbagai sumber inilah deretan contoh teks pidato bahasa Inggris beserta artinya.

1. Teks Pidato Bahasa Inggris tentang Pendidikan

Good morning! On this happy occasion, I want to deliver a speech about education. As we know, education plays an important role for the progress of a nation.

If the education of the people is left behind, then the population will experience difficulties in adapting and facing pressure from the outside world.

Therefore, it is not surprising that the government holds many programs to support the progress of education in Indonesia, one of which is by allocating large amounts of funds, so the dropout rate can be reduced and more students can get the right to education.

Actually, education can not only be obtained at school. Even outside of school we can use technology to access education. Take advantage of an online platform that can be accessed for free to get free knowledge from various parts of the world, so that we can compete with the people out there.

Developed countries are also very concerned about the quality of the education of their people, so it is not surprising that the quality of campus abroad is quite good, even many Indonesians decide to gain knowledge out there.
Thus, we must learn to be able to catch up, especially if we have not yet had the opportunity to distribute education.

Artinya:
Selamat pagi! Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin menyampaikan pidato tentang pendidikan. Seperti yang kita tahu, pendidikan memegang peranan penting untuk kemajuan sebuah bangsa.

Jika pendidikan rakyatnya tertinggal, maka penduduknya pun akan mengalami kesulitan dalam beradaptasi dan menghadapi tekanan dari dunia luar.

Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika pemerintah mengadakan banyak program untuk menunjang kemajuan pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah dengan mengalokasikan dana cukup besar, sehingga angka putus sekolah bisa ditekan dan lebih banyak siswa bisa mendapatkan hak atas pendidikan.

Sebenarnya, pendidikan tidak hanya bisa didapatkan di sekolah saja. Saat berada di luar sekolah pun kita sudah bisa menggunakan teknologi untuk mengakses pendidikan.

Manfaatkanlah platform online yang dapat diakses secara gratis untuk mendapatkan pengetahuan gratis dari berbagai belahan dunia, sehingga kita bisa bersaing dengan masyarakat di luar sana.

Negara maju sangat memperhatikan kualitas pendidikan masyarakatnya, sehingga tidak heran jika kualitas kampus di luar negeri cukup bagus, bahkan banyak orang Indonesia memutuskan untuk menimba ilmu di luar sana.
Dengan demikian, kita harus belajar untuk bisa mengejar ketertinggalan, apalagi jika saat ini kita belum mendapatkan kesempatan pemerataan pendidikan.

2. Teks Pidato Bahasa Inggris tentang Hari Kemerdekaan

Ladies and gentlemen, Today is the Independence Day of the Republic of Indonesia. Today certainly makes us remember our predecessors, freedom fighters who have sacrificed all their souls and bodies to dispel and expel the invaders from our homeland, beloved Indonesia.

With great courage, our heroes fight the colonial forces and allies who continue to bombard our country from land, sea and air. However, the heroes are not afraid to come up against it. They dare to fight for the dignity of this nation. 

That spirit is what we should continue to achieve long-lasting glory. We should not be oppressed by other nations who arbitrarily colonize improper means such as drug smuggling and so on. Therefore, on this occasion, allow me to remind you all about the struggle for the dignity of the nation.

Artinya:

Hadirin sekalian, hari ini adalah hari di mana sebelum hari Kemerdekaan Republik Indonesia tiba. Hari ini tentu membuat kita teringat kepada para pendahulu kita, para pejuang kemerdekaan yang telah mengorbankan seluruh jiwa serta raganya untuk dapat menghalau dan mengusir para penjajah dari tanah air kita, Indonesia tercinta.

Dengan sangat gagah berani, para pahlawan-pahlawan kita ini melawan pasukan sekutu dan penjajah yang terus membombardir negeri kita dari laut, darat, dan udara. Namun, para pahlawan tak pernah gentar untuk maju melawan. 

Mereka terus berani memperjuangkan martabat bangsa. Semangat inilah yang seharusnya kita teruskan untuk kemudian dapat mencapai kejayaan Indonesia yang bertahan lama. Kita tidak boleh tertindas oleh bangsa lain yang dengan seenaknya saja menjajah cara-cara yang tidak layak seperti penyelundupan narkoba dan lain sebagainya.

Oleh karenanya, pada kesempatan kali ini, izinkan saya untuk mengingatkan hadirin sekalian tentang perjuangan harkat dan martabat bangsa.

3. Teks Pidato Bahasa Inggris tentang Bullying

Ladies and gentlemen, bullying may seem like a small problem for some people. Most people may not realize that the damage caused by bullying can be so serious. It can be as serious as “death” in extreme cases. 

If you think that bullying is not a serious matter to deal with just because it merely hurts “feelings” then I have to tell you that you are completely wrong. This “merely hurt your feelings” thing can be the beginning of various worse scenarios such as physical assault, suicide, or any other kinds of violent acts carried out in the name of revenge.

As I said just now that bullying is not a serious problem for some people, just because we simply don’t see the damage. But the thing is, based on my experience as a teacher, I learned that the effect of bullying can stay undetected for years. 

During this time, the effect of bullying keeps corrupting the soul of the victim. They may hold it inside as a grudge, or they may also develop trauma which may result in self-withdrawal. I believe that this is something that we don’t want to happen to our children. That is why we have to act right now to stop it, and I mean all of us with no exception.

Artinya:

Hadirin sekalian, perundungan mungkin tampak seperti masalah kecil bagi sebagian orang. Kebanyakan orang mungkin tidak menyadari bahwa dampak yang disebabkan dari bullying bisa begitu serius. Dampak tersebut bisa berupa “kematian” dalam kasus yang ekstrim. 

Jika Anda berpikir bahwa bullying bukan merupakan hal yang serius untuk ditangani karena hal itu hanya sekedar menyakiti perasaan, maka saya perlu mengatakan pada anda bahwa Anda sepenuhnya salah. 

Hal yang “hanya menyakiti perasaan” ini bisa menjadi awal dari berbagai skenario yang lebih buruk seperti kekerasan fisik, bunuh diri atau berbagai tindak kekerasan lainnya yang dilakukan atas nama balas dendam.

Seperti yang baru saja saya sampaikan bahwa bullying bukanlah masalah yang serius bagi sebagian orang, hanya karena kita tidak melihat dampak kerusakan yang disebabkan olehnya. 

Tapi masalahnya, berdasarkan pengalaman saya sebagai seorang guru, saya jadi tahu bahwa dampak bullying bisa tetap tidak terdeteksi selama bertahun-tahun. Selama masa ini, dampak bullying terus saja merusak jiwa si korban. 

Mereka mungkin menahannya di dalam diri sebagai dendam, atau mereka bisa juga membentuk trauma yang mungkin berakhir pada penarikan diri dari masyarakat. Saya percaya ini bukanlah hal yang kita inginkan untuk terjadi pada anak-anak kita. Itulah sebabnya kita harus bertindak sekarang juga untuk menghentikan hal ini, dan yang saya maksudkan adalah kita semua tanpa terkecuali.

4. Teks Pidato Bahasa Inggris tentang Lingkungan

Good morning, audience.
Let me give a speech about the environment so that we can reap many lessons.

As we know, the environmental conditions that we live in today are very different from the environment several decades ago.
In the past, we could easily find trees, but now the land containing plants has been replaced with housing.

Environmental problems are not only limited to plants. If we are sensitive, many fauna or animals lose their habitat.
Humans seize their place of residence, so that animals have difficulty getting a place to live again.

Not infrequently, animals that cannot get a house will attack humans in order to get food.
Therefore, we should start from ourselves to foster a sense of love for the environment.
Use methods that are easy and simple, for example by throwing garbage in its place, not using plastic when shopping, and saving on water use.

So my speech about the environment from me, let’s take care of the environment together.

Artinya:

Selamat pagi untuk para hadirin.
Izinkanlah saya menyampaikan pidato tentang lingkungan agar kita bisa memetik banyak pelajaran.

Seperti yang kita ketahui, kondisi lingkungan yang kita tempati saat ini sangatlah jauh berbeda dengan lingkungan beberapa puluh tahun lalu.
Jika dulu dapat dengan mudah kita temukan pepohonan, saat ini lahan berisi tumbuh-tumbuhan sudah diganti dengan perumahan.

Permasalahan lingkungan tidak hanya terbatas pada tumbuhan saja. Jika kita peka, banyak fauna atau binatang-binatang yang kehilangan habitatnya.
Manusia merebut tempat tinggal mereka, sehingga hewan-hewan kesulitan mendapatkan tempat tinggal kembali.

Tidak jarang, hewan yang tidak bisa mendapatkan rumah akan menyerang manusia demi bisa mendapatkan makanan.

Maka dari itu, sebaiknya kita mulai dari diri sendiri untuk memupuk rasa cinta pada lingkungan.
Gunakan cara-cara yang mudah dan sederhana, misalnya saja dengan membuang sampah pada tempatnya, tidak menggunakan plastik saat berbelanja, serta menghemat penggunaan air.

Sekian pidato tentang lingkungan dari saya. Mari kita sama-sama menjaga lingkungan.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: