Bongkar Makam, Polisi Autopsi Jenazah Korban Pembunuhan di Mataram

Antara, Hari kasidi · Minggu, 07 Maret 2021 - 11:29:00 WIB
Bongkar Makam, Polisi Autopsi Jenazah Korban Pembunuhan di Mataram
Polisi membongkar makam untuk mengautopsi jenazah korban pembunuhan di Mataram, Sabtu (6/3/2021). (Foto: iNews/Hari Kasidi)

MATARAM, iNews.id - Polisi membongkar makam korban pembunuhan di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Jenazah korban bernama Hayatul Ulum tersebut kemudian diautopsi oleh tim forensik.

"Jadi autopsi ini inisiatif penyidik untuk menambah alat bukti yang nanti akan memberikan keyakinan kepada penyidik dan juga jaksa serta hakim terkait bagaimana korban bisa meninggal dunia," kata Kasat Reskrim Polresta Mataram Kadek Budi Astawa, Sabtu (6/3/2021).

Dia mengatakan, autopsi yang dilakukan tim forensik itu untuk mengetahui penyebab meninggalnya korban. Polisi sebagai penyidik tidak bisa menentukan itu karena bukan keahliannya, sehingga membutuhkan keterangan ahli berdasarkan pemeriksaan forensik.

"Karena memang bukan kewenangan penyidik untuk menyimpulkan hal tersebut, sehingga dibutuhkan autopsi ahli yang bisa menjelaskan luka mana di tubuh korban yang mengakibatkannya meninggal dunia," ujarnya.

Jenazah Hayatul Ulum dimakamkan di Pemakaman Muslim Sekarbela, Mataram pada akhir November 2020 lalu. Kendati demikian dia meyakini ada petunjuk yang bisa menjadi alat bukti baru terkait penyidikan kematian korban.

"Sebelum autopsi kami sudah lakukan gelar kecil dan koordinasi dengan ahli forensik. Tim forensik mengatakan bila dilakukan autopsi masih bisa didapatkan alat bukti baru. Jadi dokter bilang bisa, sehingga kita lakukan autopsi," kata Astawa.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2