Cara Baca Mad Tamkin yang Benar Lengkap Penjelasan Hukum dan Contohnya

Rilo Pambudi · Jumat, 02 September 2022 - 16:40:00 WIB
Cara Baca Mad Tamkin yang Benar Lengkap Penjelasan Hukum dan Contohnya
Cara baca Mad Tamkin yang benar (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Cara baca Mad Tamkin yang benar patut disimak dengan seksama. Hukum Mad Tamkin adalah salah satu hukum tajwid yang perlu diketahui, khususnya dalam memahami kaidah bacaan Al Quran.

Tetapi sebelum mengetahui cara baca Mad Tamkin yang benar, hal penting yang perlu dilakukan adalah memahami hukum tajwid tersebut. Contoh-contoh Mad Tamkin dalam Al Quran juga akan diulas supaya dapat memberikan pemahaman yang jelas mengenai cara baca yang benar.

Di dalam Al Quran ada sejumlah bacaan yang memiliki hukum Mad Tamkin. Seperti diketahui, hukum tajwid 'Mad' memang salah satu hukum yang paling banyak ditemukan dalam Al Quran. 

Selain Mad Asli, ada juga Mad Far'i yang terbagi setidaknya sampai 14 turunan. Salah satu turunan atau cabang hukum Mad Far'i yang penting untuk dipahami adalah Mad Tamkin. 

Berikut adalah cara baca Mad Tamkin yang benar lengkap dengan pengertian hukum dan contohnya yang dilansir iNews.id dari Lafal Quran, Kamis (1/9/2022)

Hukum Bacaan Mad Tamkin

Secara bahasa, Mad memiliki arti panjang. Sementara, Tamkin menurut artinya secara bahasa adalah menempatkan. Kunci utama dari Mad Tamkin ini adalah sama seperti pada hukum-hukum Mad Far’i  yang lain, yakni terdapat pada hukum huruf Mad Thobi’i.

Mad Tamkin adalah bacaan panjang pada huruf Ya bertasydid dan berharakat kasrah (يِّ) yang bertemu dengan huruf Ya sukun (يْ) dalam satu lafal. 

Cara Baca Mad Tamkin yang benar dan Contohnya

Cara membaca Mad Tamkin adalah dengan memanjangkan satu alif atau dua harakat, sama seperti panjang hukum Mad Thobi’i atau Mad Asli.

Huruf Ya bertasydid tersebut dinamakan Mad Tamkin karena menempati bacaan mad yang bertemu Ya sukun dan harus dibaca sepanjang 1 alif atau 2 harakat.

Tidak seperti hukum Mad yang lain, Mad Tamkin sebenarnya cukup jarang atau tidak terlalu banyak ditemukan dalam Al Quran. Berikut ini adalah beberapa contohnya:

1. Surah Ali ‘Imran ayat 20

وَالْاُمِّيّٖنَ ءَاَسْلَمْتُمْ

Penjelasan: Hukum bacaan Mad Tamkin dalam ayat tersebut terdapat pada lafal وَالْاُمِّيّٖنَ yang dibaca Wal ummiyyiina dengan panjang 1 alif atau 2 harakat.

2. Surah Al Baqarah ayat 61

وَيَقْتُلُوْنَ النَّبِيّٖنَ بِغَيْرِ الْحَقِّ

Penjelasan: Hukum mad tamkin terdapat pada lafal النَّبِيّٖنَ yang dibaca Nabiyyiina dengan panjang 1 alif atau 2 harakat.

3. Surah Al Baqarah ayat 177:

وَالْكِتٰبِ وَالنَّبِيّٖنَ

Penjelasan: Hukum mad tamkin terdapat pada lafal وَالنَّبِيّٖنَ yang dibaca Wannabiyyiina dengan panjang 1 alif atau 2 harakat.

4. Surah Al Muthaffifin ayat 18

لَفِيْ عِلِّيِّيْنَ

Penjelasan: Hukum mad tamkin terdapat pada lafal عِلِّيِّيْنَ yang dibaca ‘Illiyyiina dengan panjang 1 alif atau 2 harakat.

5. Surah An Nisa’ ayat 86

وَاِذَا حُيِّيْتُمْ

Penjelasan: Hukum mad tamkin terdapat pada lafal حُيِّيْتُمْ yang dibaca Khuyyiitum dengan panjang 1 alif atau 2 harakat.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: