Cegah Klaster Covid-19, Lapangan Pacuan Kuda di Bima Ditutup Sementara

Nani Suherni ยท Kamis, 10 Juni 2021 - 12:35:00 WIB
Cegah Klaster Covid-19, Lapangan Pacuan Kuda di Bima Ditutup Sementara
lapangan pacuan kuda di Desa Panda, Kecamatan Palibelo, Bima ditutup sementara (Foto: dok Polres Bima)

BIMA, iNews.id - Polres Bima menutup lapangan pacuan kuda di Desa Panda, Bima. Hal ini untuk mengurangi potensi kerumunan massa yang dapat menimbulkan kluster baru penyebaran Covid-19.

Kasi Humas Polres Bima Iptu Adib Widayaka, menyampaikan Unit IK Polres Bima telah melakukan koordinasi dengan pengurus Lapangan Pacuan Kuda bersama Pemerintah Desa Panda Kecamatan Palibelo pada Selasa (8/6/2021). Diputuskan, jika lapangan pacuan kuda tersebut ditutup sementara.

“Dikhawatirkan akan adanya klaster baru atas pelaksanaan kegiatan tersebut. Oleh karena itu, mari kita antisipasi bersama. kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjadi garda terdepan dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.” kata Adib dikutip dari portal resmi Polda NTB, Kamis (10/6/2021).

Tujuan lain penutupan latihan pacuan kuda tersebut untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang mengarah pada kerawanan Kamtibmas. Salah satunya perkelahian antarpemilik kuda maupun para penonton pada saat kegiatan berlangsung.

“Sesuai dengan Maklumat Kapolri Nomor : Mak/2/III/2020 tentang kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah dalam penanganan penyebaran Covid-19, dimana salah satu isinya yaitu tidak diperbolehkan mengadakan kegiatan sosial maupun mengumpulkan banyak orang seperti kegiatan pacuan kuda pada massa pandemi Covid-19.” ucapnya.

Terlebih lagi, apabila kegiatan tersebut tetap dilaksanakan maka akan dijadikan tolak ukur oleh desa-desa lain untuk melaksanakan kegiatan serupa. Polres Bima meminta agar kegiatan latihan pacuan kuda ditutup.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2