Ciri-Ciri Hamil Muda yang Dapat Dikenali di Awal Kehamilan

Azizah Refifa Aqsha ยท Rabu, 28 September 2022 - 14:43:00 WIB
Ciri-Ciri Hamil Muda yang Dapat Dikenali di Awal Kehamilan
Ilustrasi Ciri-ciri Hamil Muda

JAKARTA, iNews.id - Ciri-ciri hamil muda sebenarnya sudah dapat dikenali di minggu-minggu awal kehamilan. Pada trimester pertama kehamilan, calon ibu biasanya mulai merasakan perubahan pada tubuh. 

Hamil muda atau yang biasa dikenal dengan trimester pertama yakni masa ketika 1-12 minggu pertama usia kehamilan. Pada masa ini calon ibu akan merasakan beberapa ciri-ciri kehamilan seperti Mudah lelah, sensitif dengan bau, keputihan meningkat, serta nyeri panggul. Namun tidak semua wanita hamil merasakan ciri-ciri hamil muda yang sama antara satu dengan lainnya. Untuk itu penting untuk mengetahui apa saja ciri-ciri hamil muda pada calon ibu.

Ciri-ciri Hamil muda yang perlu diketahui 

Mudah Lelah

Ilustrasi ciri-ciri hamil muda
Ilustrasi ciri-ciri hamil muda

Di masa awal kehamilan calon ibu akan merasa mudah lelah walaupun tidak banyak melakukan aktivitas. Kondisi ini karena sebagian besar energi dialihkan untuk membangun plasenta dan mencukupi kebutuhan janin dalam kandungan.

Keputihan Meningkat

Ciri-ciri hamil muda juga ditandai dengan jumlah keputihan yang meningkat dari biasanya. Ciri-ciri keputihan hamil muda yaitu berwarna keputihan atau bening, tidak berbau dan encer.

Payudara Membesar

Perubahan hormon di masa awal kehamilan menyebabkan payudara calon ibu terlihat lebih besar dan terasa nyeri bila disentuh. Namun perubahan ini biasanya kan mereda setelah tubuh calon ibu sudah menyesuaikan diri dengan perubahan hormon yang terjadi. Hal ini merupakan proses alami sebagai persiapan untuk menyusui calon bayi kelak.

Sensitif dengan Bau

Pada saat hamil muda Indra penciuman wanita hamil biasanya akan lebih sensitif dibandingkan biasanya. Calon ibu biasanya lebih peka dan risih terhadap bau tidak sedap. Hal ini disebabkan karena peningkatan kadar estrogen didalam tubuh.

Editor : Nani Suherni

Bagikan Artikel: