Ciri-Ciri Hamil Muda yang Dapat Dikenali di Awal Kehamilan

Azizah Refifa Aqsha ยท Rabu, 28 September 2022 - 14:43:00 WIB
Ciri-Ciri Hamil Muda yang Dapat Dikenali di Awal Kehamilan
Ilustrasi Ciri-ciri Hamil Muda

Pusing

Ilustrasi ciri-ciri hamil muda, pusing
Ilustrasi ciri-ciri hamil muda, pusing

Peningkatan kadar darah dan perubahan hormon estrogen dan progesteron menyebabkan wanita hamil muda sering merasa pusing dan sakit kepala. Untuk itu tidak disarankan untuk melakukan aktivitas berat saat sedang hamil.

Nyeri Panggul

Nyeri panggul sering dirasakan oleh seorang wanita ketika datang bulan, namun rasa nyeri pinggul ini juga bisa menjadi ciri-ciri hamil muda. Pada saat hamil muda ovarium akan melepaskan sel telur didalam tubuh. Oleh karena itu wanita yang sedang hamil muda akan merasakan rasa nyeri ovulasi.

Sering Buang Air Kecil

Wanita pada masa awal kehamilan kuantitas buang air kecil akan meningkat. Hal ini disebabkan karena peningkatan hormon hCG (human chorionic gonadotropin), yaitu salah satu hormon yang menyebabkan bertambahnya produksi urine disertai pembesaran ukuran rahim.

Jerawat

Kemunculan jerawat bisa menjadi salah satu ciri-ciri hamil muda. Kondisi ini disebabkan karena minyak yang dikeluarkan oleh kelenjar sebaceous sehingga dapat menyumbat pori-pori dan menjadi tempat untuk tumbuhnya bakteri sehingga dapat menimbulkan jerawat.

Perut Kembung

Ciri-ciri hamil muda juga ditandai dengan mual. Calon ibu juga akan merasakan perut kembung yang disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon progesteron yang dapat memperlambat proses pencernaan. Kondisi ini biasanya disertai sering sendawa hingga kentut.

Editor : Nani Suherni

Follow Berita iNewsNTB di Google News

Bagikan Artikel: