7 Daerah dengan Angka Pernikahan Dini Tertinggi di Indonesia, Wilayahmu Masuk Urutan?

Sintia Putri Balqis ยท Kamis, 22 September 2022 - 15:29:00 WIB
7 Daerah dengan Angka Pernikahan Dini Tertinggi di Indonesia, Wilayahmu Masuk Urutan?
Daerah dengan Angka Pernikahan Dini Tertinggi di Indonesia (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id – Daerah dengan angka pernikahan dini tertinggi di Indonesia ternyata masih cukup banyak. Data ini menunjukkan jika pernikahan dini di Indonesia masih dilakukan meski pemerintah sudah menetapkan batas usia minimal perkawinan.

Berbagai alasan tercipta untuk melakukan pernikahan dini. Salah satunya, adat istiadat, ekonomi dan terjadinya married by accident (MBA). Padahal, menurut Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 Tentang Perkawinan menyebutkan bahwa perkawinan hanya diizinkan apabila pria dan wanita sudah berumur 19 tahun.

Namun, seolah melenceng dari undang-undang yang ada, kasus pernikahan dini masih cukup banyak terjadi di beberapa daerah. Susenas, Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2021 telah mencatat sebanyak 9.23 persen Perempuan berumur 20-24 tahun yang berstatus kawin atau hidup bersama sebelum umur 18 tahun.

Deretan Daerah dengan Angka Pernikahan Dini Tertinggi di Indonesia 

1. Sulawesi Barat

Sulawesi Barat sebagai wilayah dengan persentase tertinggi, yaitu 17.71 persen. Angka ini meningkat dari tahun 2020. 

2. Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat mencatat sebanyak 16.59 persen sebagai daerah dengan angka pernikahan dini tertinggi. Namun, Nusa Tenggara Barat berhasil menurunkan persentase angka pernikahan dini yang semulanya 16.61 persen.

Editor : Nani Suherni

Bagikan Artikel: