Kisah Pohon Cinta di Lombok, Saksi Pertemuan Sejoli Kasmaran hingga Menikah

Antara · Kamis, 22 September 2022 - 09:40:00 WIB
Kisah Pohon Cinta di Lombok, Saksi Pertemuan Sejoli Kasmaran hingga Menikah
Pohon cinta di Desa Adat Sade, Rembitan, Pujut, Lombok Tengah (Foto: Antara/Lia Wanadriani Santosa)

PUJUT, iNews.id - Sebuah pohon cinta tumbuh di Desa Adat Sade, Rembitan, Pujut, Lombok Tengah (Loteng). Pohon itu kerap menjadi saksi sejoli yang kasmaran hingga menikah.

Rupanya, pohon yang dinamai pohon cinta ini menyimpan arti mendalam bagi pasangan muda-mudi suku Sasak yang serius menjalin kasih ke jenjang pernikahan. Pohon cinta menjadi saksi bisu pertemuan rahasia mereka pada tengah malam. 

Salah satu perempuan yang bernama Ina Topan (26) menjadi salah satu orang yang punya kisdah dengan pohon cinta itu. Saat itu, dia diminta sang kekasih yang tak lain sepupunya bertemu di pohon cinta pukul 24.00. Tak lama bersua, dia lantas dibawa menuju kandang sapi di kampung sebelah.

"'Dek, ayo menikah nanti malam. Saya tunggu di pohon cinta. Nanti jam 12 (malam) saya di atas pohon cinta'. Saya dibawa ke kandang sapi di kampung sebelah," ucapnya.

Dalam tradisi masyarakat Sasak, perempuan yang dipilih untuk dipinang akan dibawa pergi semalam tanpa sepengetahuan orang tua mereka atau disebut kawin lari. Namun bukan dalam arti kawin lari sebenarnya, karena sang wanita semata dibawa pergi tanpa ada ritual apapun layaknya pernikahan pada umumnya. Orang tua yang tak bisa menemukan putri mereka dalam semalam harus menikahkannya dengan pemuda pilihan sang putri.

"Pas malamnya enggak boleh kita disentuh-sentuh sebelum akad nikah. Dibawa sehari semalam. Enggak bisa dibawa orang tua harus sudah sehari semalam. Kalau ketemu bisa kita dibawa orang tua. Semisal, ibu bapak kita enggak mau menikahkan kita," tutur Ina Topan.

"Yang cewek harus pintar-pintar cari akal ke orang tua. Mungkin dia ngakalin untuk pergi buang air kecil atau ke mana. Setelah itu celingak-celinguk keluar," katanya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: