Fakta Pulau Bungin, Pulau Terpadat di Dunia yang Penduduknya Tak Perlu Beli Tanah untuk Membangun Rumah

Inas Rifqia Lainufar ยท Kamis, 04 Agustus 2022 - 12:56:00 WIB
Fakta Pulau Bungin, Pulau Terpadat di Dunia yang Penduduknya Tak Perlu Beli Tanah untuk Membangun Rumah
Pulau Bungin, pulau terpadat di dunia (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Sudah pernahkah kamu mengunjungi pulau Bungin? Pulau terpadat di dunia ini terletak di Pulau Sumbawa, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Timur.

Mendapat predikat sebagai pulau terpadat, tak heran jika penduduk pulau Bungin hidup berhimpitan. Bahkan kamu tak akan menemukan dataran kosong maupun garis pantai karena seluruh area pulau sudah penuh terisi dengan rumah-rumah warga.

Lantas, seperti apa padatnya pulau Bungin? Apa yang menjadi ciri khas dari pulau tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pulau Bungin, pulau terpadat di dunia

Dihuni oleh 3.000 jiwa

Pulau Bungin dihuni oleh sekitar 900 kepala keluarga dengan penduduk lebih dari 3.000 jiwa. Seluruh penduduk tersebut harus mendiami pulau yang luasnya hanya mencapai 8,5 hektar.

Setelah ditelisik, penduduk Pulau Bungin jarang ada yang meninggalkan pulau tempat mereka lahir dan tumbuh karena memiliki ikatan yang erat. Dengan demikian, pertumbuhan penduduk di pulau ini melejit begitu pesat.

Penduduk tak perlu membeli tanah untuk mendirikan hunian

Dulunya, luas pulau ini hanya mencapai 4 x 10 meter dan terus-menerus dilakukan pelebaran oleh penduduk setempat hingga saat ini. Warga pulau Bungin rupanya gemar menimbun laut dengan terumbu karang mati untuk memperluas pulau yang mereka tinggali.

Rumah-rumah mereka bahkan dibangun di atas tumpukan terumbu karang, bukan tanah maupun batu. Karena hal inilah, penduduk pulau Bungin tak perlu membeli tanah sebagai tempat untuk mendirikan hunian yang mereka tinggali.
Mayoritas penduduk berprofesi sebagai nelayan.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: