Kabar Gembira, Kasus 4 IRT Ditahan dengan Balita di Lombok Tengah Berujung Damai

Antara · Jumat, 05 Maret 2021 - 16:00:00 WIB
Kabar Gembira, Kasus 4 IRT Ditahan dengan Balita di Lombok Tengah Berujung Damai
Kepala DP3AP2KB NTB, Husnanidiaty Nurdin berdiskusi dengan empat ibu rumah tangga terdakwa perusakan pabrik rokok di Lombok Tengah. (Foto: Antara)

LOMBOK TENGAH, iNews.id - Kasus empat Ibu Rumah Tangga (IRT) pengerusak atap gudang tembakau di Desa Wajagesang, Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) telah masuk di pengadilan. Namun,  Kejaksaan Negeri Loteng akan mengusulkan penyelesaian perkara tersebut secara Restorative Justice karena pihak pelapor dan terlapor telah berdamai tanpa syarat. 

Kepala Kejari Loteng, Otto Sampotan di Praya, Jumat, mengatakan, dalam perkara tersebut pihak telah melakukan proses mediasi antara terdakwa dengan pelapor. Kedua belah pihak sepakat untuk berdamai tanpa syarat, sehingga atas dasar itu pihaknya akan mengajukan restorative justice. 

"Ini menjadi dasar untuk diajukan penyelesaian secara restorative justice. Namun, keputusan itu tergantung pimpinan Jaksa Agung, apakah kasusnya dihentikan atau dilanjutkan," ujarnya.

Ditegaskan, bahwa pihaknya memiliki hak untuk melakukan upaya hukum atas dakwaan terhadap para terdakwa yang ditolak oleh Pengadilan Negeri Praya, karena kurang lengkap dan esepsi terdakwa diterima oleh Majelis Hakim. Namun, semua itu tergantung dari pimpinan seperti apa penyelesaian kasus tersebut. 

"Kita tunggu keputusan pimpinan, Minggu depan telah ada kejelasan," katanya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2