KPU NTB Temukan Daftar Pemilih Disangka Meninggal Dunia, Ternyata Masih Hidup 

Antara · Senin, 05 September 2022 - 09:32:00 WIB
KPU NTB Temukan Daftar Pemilih Disangka Meninggal Dunia, Ternyata Masih Hidup 
Komisi Pemilihan Umum (dok. KPU)

MATARAM, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Barat menemukan daftar pemilih yang disangka sudah meninggal dunia atau wafat. Namun, setelah diverifikasi, yang bersangkutan ternyata masih hidup.

"Dari hasil koordinasi data dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan KPU, ternyata ada pemilih yang disangka sudah meninggal, tetapi setelah di cek faktanya masih hidup," kata Ketua KPU NTB, Suhardi Soud di Mataram, Minggu (4/9/2022). 

Suhardi juga menuturkan jika ada dokumen yang menyebutkan warga tersebut meninggal dunia. Dia pun memastikan akan memperbaiki data tersebut.

"Bukti kematiannya ada dan inilah beberapa fakta yang kita temukan pada rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan bukan Agustus," katanya.

Terkait temuan tersebut, KPU sudah menyampaikan kepada Kemendagri. Dijelaskan bahwa pemilih yang disangka sudah wafat tersebut masih hidup dan bisa masuk dalam daftar pemilih untuk Pemilu 2024.

Selain itu, dalam proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan untuk Pemilu 2024 tersebut, masih banyak ditemukan pemilih yang sudah pindah alamat atau asalnya masih tercantum di tempat asal atau alamat sebelumnya. Tak hanya itu, KPU juga menemukan banyak pemilih tercatat masih berstatus pelajar, namun belum cukup umur untuk menjadi pemilih.

"Jadi, temuan-temuan seperti ini masih kerap kita temukan. Ada yang pindah alamat masih tercatat di tempat sebelumnya, masih sekolah. Selain daftar pemilih yang namanya muncul di beberapa tempat. Dan tentu kita yakini ada kekeliruan dan diperbaiki," ucapnya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: