Rumah Sakit Jamin Tak Ada Manipulasi Hasil PCR Calon Jemaah Haji

Antara ยท Jumat, 17 Juni 2022 - 15:26:00 WIB
Rumah Sakit Jamin Tak Ada Manipulasi Hasil PCR Calon Jemaah Haji
Seorang calon haji asal Kota Mataram, NTB saat tes usap PCR Covid-19 di RSUD Mataram, Jumat (17/6/2022). (ANTARA/HO)

MATARAM, iNews.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram menjamin tidak ada manipulasi data terhadap hasil tes PCR calon haji. Hasil PCR negatif ini menjadi salah satu syarat pemberangkatan jemaah ke Tanah Suci.

"Kami jamin semua proses berjalan sesuai dengan SOP yang ada, tidak ada manipulasi data. Sampel negatif tetap kami laporkan negatif, begitu juga yang positif," ujar Direktur Utama (Dirut) RSUD Kota Mataram Hj Eka Nurhayati di Mataram, Jumat (17/6/2022).

Pernyataan itu disampaikan di sela kegiatan tes usap PCR Covid-19 bagi calon haji asal Kota Mataram di Aula RSUD setempat. Berdasarkan data Kantor Kementerian Agama (Kemenag) calon haji yang akan di tes PCR sebanyak 389 orang.

Namun, untuk kegiatan tes PCR dibagi tiga tempat, yakni Rumah Sakit Bhayangkara untuk jemaah asal Kecamatan Ampenan. Kemudian RS Unram untuk jemaah asal Kecamatan Sekarbela dan RSUD Kota Mataram untuk Kecamatan Mataram, Selaparang, Cakranegara dan Sandubaya.

"Untuk hasil tes usap PCR jemaah, kami serahkan melalui Dinas Kesehatan besok pagi (Sabtu)," katanya.

Di sisi lain, Eka berharap jemaah juga bisa kooperatif menerima hasil tes usap PCR Covid-19. Artinya, ketika ada jemaah dinyatakan positif dari hasil tes PCR, harus bisa menerima dan melakukan isolasi mandiri selama 5 hari.

"Jangan sampai ada yang nyogok, karena jemaah mau ibadah ke Tanah Suci menjadi tamu Allah. Kami juga yang mengeluarkan hasil PCR palsu bisa berdosa," ucapnya.

Setelah lima hari isolasi, jemaah yang dinyatakan positif kembali akan diambil sampelnya. Apabila negatif, maka jemaah bisa berangkat bersama kelompok terbang (kloter) berikutnya.

"Tapi jika masih positif, terpaksa ditunda tahun depan. Itu informasi yang kita terima dari Kemenag," katanya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: