Ayah Tua Renta di Lotim digugat anak kandung gegara warisan (Foto: iNews/Ramli Nurawang)
Ramli Nurawang

LOMBOK TIMUR, iNews.id - Seorang anak di Sembalun Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) menggugat ayah kandungnya yang sudah tua renta. Gugatan bermula dari tanah warisan yang tidak diurus sang anak sehingga dijual.

Ayah tua renta itu bernama Yoni tinggal sebatang kara di rumah sederhana di Dusun Lauk Rurung, Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur. Dia digugat anak sulungnya, Suhailin.

Gugatan ini bermula saat lahan seluas 20 are yang sudah dihibahkan ke Suhailin dijual ke orang lain. Yoni mengaku terpaksa menjual tanah warisan yang sudah dihibahkan karena dirinya merasa tidak pernah dirawat dan ditelantarkan oleh putrinya sendiri.

Dia juga kaget tiba-tiba mendapat surat panggilan dari Pengadilan Negeri Selong untuk mengikuti persidangan atas gugatan anak kandungnya sendiri. Kasus ini pun mendapat perhatian publik. Sebuah lembaga bantuan hukum memberikan bantuan hukum secara sukarela kepada Yoni.

"Kalau pengakuan amak Yoni, beliau ini tidak pernah diurus secara layak oleh anaknya. Jadi beliau bilang anaknya durhaka. Dia pun meminta anaknya untuk mendatanginya tapi tidak ada," ucap kuasa hukum Yoni, Santi Mandasari, Senin (16/8/2021).

Humas PN Selong, Nasution mengatakan perkara tersebut sudah teregister pada 9 Agustus. Rencananya, sidang perdana akan dilaksanakan pada Kamis (19/8/2021).

"Sidang perdana itu Kamis (19/8/2021). Jika semuanya hadir hakim akan menunjuk pada mediator yang telah terdaftar baik dari hakim atau nonhakim yang sudah tersertifikasi," kata Nasution.


Editor : Nani Suherni

BERITA TERKAIT