Profil dan fakta Gunung Rinjani menarik diketahui, terutama bagi pencinta alam. (Foto: iNews/Ramli Nurawang).
Hanna Ratih Aninditya

LOMBOK, iNews.id - Profil dan fakta Gunung Rinjani menarik diketahui, terutama bagi pencinta alam. Gunung Rinjani juga bisa menjadi pilihan untuk berpetualang alam bebas.  

Gunung yang cukup terkenal di segala penjuru ini dapat memikat hati banyak pendaki. Mereka rela datang dari jauh untuk merasakan sensasi mendaki gunung yang fenomenal tersebut.

Bahkan, para pendaki dapat melihat Milky Way yang menyuguhkan pesona langit malam bertabur dengan ribuan bintang. Semua rasa lelah ketika mendaki akan terbayar lunas saat melihat pemandangan indah. 

Simak profil dan fakta Gunung Rinjani yang dikutip dari sejumlah sumber:

Profil Gunung Rinjani 

Terletak di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan merupakan salah satu gunung yang menjadi favorit para wisatawan domestik maupun luar negeri. Gunung Rinjani berada di ketinggian 3.726 mdpl menjadikan daya tarik tersendiri dan memiliki fakta-fakta menarik lainnya.

Masih banyak dijumpai flora dan fauna di wilayah tersebut. Keunikan ini membuat mata pengunjung hanyut dengan keeksotisannya karena Gunung Rinjani terletak di pelintasan garis imajiner Wallance yang merupakan perbatasan flora dan fauna Benua Asia serta Benua Australia. 

Fakta itulah yang menyebabkan kawasan Gunung Rinjani masih memiliki banyak keanekaragaman flora dan fauna. Beberapa hewan langka yang sering ditemui, seperti musang rinjani, kijang, sampai burung pengisap madu.

Fakta Menarik Gunung Rinjani

1.  Masuk Dalam 7 Gunung Tertinggi di Indonesia

Seven Summit Indonesia merupakan salah satu julukan Gunung Rinjani. Posisinya turut bersanding dengan enam gunung lainnya, yakni Puncak Jaya, Gunung Kerinci, Gunung Semeru, Gunung Rinjani, Gunung Bukit Raya, Gunung Latimojong dan Gunung Binaia yang juga merupakan tujuh gunung dengan puncak tertinggi di Indonesia.

2. Memiliki anak gunung

Memiliki anak gunung yang dikenal dengan nama Gunung Barujari diketahui pernah meletus hingga menyebabkan korban jiwa. Meletusnya Gunung Barujari pada 1257 meninggalkan jejak berupa terbentuknya kaledera besar dan meninggalkan material erupsi lainnya. 

Pada 1994 Gunung Barujari kembali meletus dan menyebabkan hujan lebat di bulan-bulan berikutnya.

3. Dijuluki Gunung Pantai

Cuaca di Gunung Rinjani bisa dibilang cukup panas sehingga membuat pendaki seolah-olah berada di pantai karena terdapat hamparan sabana yang cukup luas dengan jumlah pohon sedikit.

4. Mistis dan dianggap sakral

Masyarakat sekitar percaya Rinjani merupakan tempat yang menjadi pelindung bagi Pulau Lombok. Rinjani dipercaya dilindungi oleh Dewi Anjani yang merupakan ratu jin. 

Para pendaki dan pelancong yang mematuhi adat istiadat selama berada di kawasan Rinjani dipercaya akan aman dilindungi oleh Dewi Anjani.

5. Sejarah unik nama Rinjani

Nama Rinjani ternyata memiliki sejarah menarik. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar nama Rinjani berasal dari bahasa Jawa kuno yang memiliki arti “Tuhan”.

Rinjani merupakan nama yang diambil dari seorang putri kerajaan yang pada saat itu sedang melakukan semedi. Kemudian sang putri yang ternyata bernama Anjani jatuh cinta kepada laki-laki miskin.

Perbedaan status sosial tersebut, sang raja tidak memberikan restu. Akhirnya Rinjani menjadi putus asa kemudian mengasingkan diri dengan bersemedi di puncak Gunung Rinjani. Mengetahui hal tersebut para jin mengangkat Anjani menjadi putri dan penguasa mereka.

Itulah sederet fakta unik Gunung Rinjani yang masih kental akan suasana asri dan kepercayaan masyarakat sekitar.


Editor : Kurnia Illahi

BERITA TERKAIT