Situasi di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat pada saat ajang balapan WSBK yang dilarang untuk diterbangkan drone. (ANTARA/Akhyar)
Antara

PRAYA, iNews.id - Warga dilarang menerbangkan drone saat ajang Wolrd Superbike (WSBK) 2022 di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit, 11-13 November 2022. Pada dua hari awal pelaksanaan, sejauh ini belum ditemukan ada drone yang terbang di Sirkuit Mandalika.

"Penerbangan drone di ajang WSBK memang dilarang," ujar Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto di Sirkuit Mandalika, Sabtu (12/11/2022).

Menurutnya, Polda terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar tidak menerbangkan drone karena dapat mengganggu jalannya ajang balapan motor kelas dunia tersebut.

"Ini berkat kita rutin melakukan sosialisasi kepada masyarakat sehingga tak ada yang terbangkan drone," katanya.

Untuk mengantisipasi adanya penerbangan drone liar, Polda NTB telah menyiapkan petugas untuk melakukan pengawasan di wilayah Sirkuit Mandalika. Sehingga apabila ada drone yang terbang akan langsung diamankan.

"Kalau ada drone yang terbang sinyalnya diputus dan akan jatuh sendiri," ucapnya.

Sementara soal sanksi bagi operator drone yang ketahuan hanya akan diberi surat peringatan untuk tidak menerbangkannya kembali selama ajang WSBK Mandalika.

"Mereka hanya diberikan peringatan saja dulu," katanya.

Karena itu, dia mengimbau masyarakat maupun pihak lain untuk tidak menerbangkan drone saat ajang WSBK di Sirkuit Mandalika.

"Kami imbau agar warga tidak menerbangkan drone saat ajang WSBK di Sirkuit Mandalika," katanya.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT