Cetak Uang Palsu, Oknum PNS di NTB Ditangkap 

Nani Suherni · Jumat, 01 Januari 2021 - 09:04:00 WIB
Cetak Uang Palsu, Oknum PNS di NTB Ditangkap 
Barang bukti uang palsu dari penangkapan PNS di NTB (Foto: Dok Polres Lombok Timur)

Masih kata Kiki, setelah berhasil mentransfer kemudian pelaku SRM pergi. Tak berselang lama, sekitar lima menit kemudian Reni merasa curiga dengan uang yang diterimanya. Benar saja, uang pecahan Rp100.000 sebanyak 40 lembar palsu.

“Aksi pelaku terjadi pada hari Senin (28/12/2020) sekitar pukul. 19.15 wita,” katanya.

Sejauh ini, pelaku sudah melakukan aksinya di beberapa tempat di antaranya, di Kopang Lombok Tengah, Masbagek dan diwilayah Lombok Timur lainnya. Polisi masih melakukan pengembangan setelah dilakukan pemeriksaan selanjutnya terhadap pelaku.

Ditenggarai tambah Kiki, pelaku SRM sudah melakukan aksinya dalam 4 bulan terakhir. Tetapi, penyidik polisi akan terus mendalami keterlibatan pihak lainnya.

“Untuk saat ini pelaku mengaku bekerja sendiri. Tapi kita akan kembangkan kembali. Sejauh ini laporan kami terima sebanyak 52 lembar atau setara Rp5,2 juta pecahan Rp100.000 berhasil disita,” ucapnya.

Modus lainnya, jelas Kiki, pelaku mencampurkan uang palsu dan asli dan selanjutnya dibelanjakan ke toko-toko untuk membeli kebutuhan pelaku.

Pelaku SRM akan dikenakan pasal 36 ayat (3) dan/ayat (1) dan/ayat (2) UU RI No. 7 tahun 2011 dengan ancaman hukuman 15 tahun dan denda sebesar Rp50 miliar.

“Selain Upal, barang bukti yang berhasil kami sita yaitu alat mesin cetak uang palsu berupa printer, rekening pelaku dan sejumlah uang asli yang diduga hasil dari kejahatan SRM,” ucapnya.

Editor : Nani Suherni