Tak Pernah Tersetrum Listrik saat Curi Kabel, Pelaku Rupanya Eks Teknisi Kontrak PLN

Muzakir ยท Rabu, 28 September 2022 - 15:23:00 WIB
Tak Pernah Tersetrum Listrik saat Curi Kabel, Pelaku Rupanya Eks Teknisi Kontrak PLN
Komplotan Pencurian Kabel di Lombok Barat Ditangkap (Foto: iNews/Muzakir)

LOMBOK, iNews.id - Komplotan pencuri kabel PLN di Lombok Tengah (Loteng), Nusa Tenggara Barat (NTB) ditangkap, Rabu (21/9/2022). Satu dari empat tersangka yang kerap memotong kabel tak pernah tersetrum karena berpengalaman sebagai teknisi kontrak di PLN.

Aksi pencurian ini terjadi di Dusun Karang Midang, Desa Jagaraga Indah Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat sekitar pukul 18.00 wita.

Kapolsek Kediri AKP Heri Santoso menjelasakan para pelaku dalam melakukan aksinya. Mereka rupanya dilaporkan warga mencuri kabel di Dusun Karang Midang, Desa Jagaraga Indah Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat.

“Modusnya pelaku memanjat tiang listrik, kemudian membuka ikatan isolator menggunakan alat berupa tang. Setelah berhasil membuka ikatan isolator kemudian pelaku memotong kabel dan menjatuhkan kabel tersebut,” katanya, Rabu (28/9/2022).

Mereka kemudian memotong kembali kabel-kabel tersebut dengan menggunaan gergaji besi. Kemudian menggulung kabel yang telah dipotong pendek–pendek untuk diangkat ke pinggir jalan raya.

“Sejauh ini telah mengamankan empat tersangka, beserta sejumlah barang bukti juga telah berhasil kita amankan,” ujarnya.

Peristiwa ini terungkap saat warga mendapati para pelaku tengah mengambil gulungan kabel milik PLN. Warga pun langsung menghubungi pihak kepolisian.

Mendapat informasi tersebut, Tim Dukep Unit Reskrim Polsek kediri bergerak cepat langsung bergegas menuju Ke TKP. 

“Saat tiba di TKP, Tim Dukep Polsek Kediri melihat beberapa orang sedang memindahkan gulungan kabel milik PT. PLN tersebut. Kemudian Team bersama masyarakat sekitar lokasi dengan sigap menangkap tangan perbuatan pelaku,” katanya.

Saat itu, polisi dan warga mengamankan tiga tersangka HA (35), AZ, (27) dan HE (20). Ketiganya berasal dari Desa Kediri Selatan, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat. Sedangkan AN, otak pencurian ini sempat kabur.

Beberapa saat kemudian, petugas akhirnya mengaman AN (32) asal Desa Babusallam, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat.

“Setelah mengamankannya, kemudian membawa ke empat terduga pelaku beserta barang buktinya ke Polsek Kediri,” ucapnya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: