7 Kain Tenun Khas Indonesia dari Berbagai Daerah yang Sarat Akan Makna

Sintia Putri Balqis ยท Senin, 12 September 2022 - 13:59:00 WIB
7 Kain Tenun Khas Indonesia dari Berbagai Daerah yang Sarat Akan Makna
Kain Tenun Khas Indonesia dari Berbagai Daerah, Kain Ulos (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id – Kain tenun khas Indonesia dari berbagai daerah memiliki keindahan dan pesonanya masing-masing. Bahkan beberapa di antaranya sudah mendunia. 

Tak hanya mengandung nilai estetika yang tinggi, kain tenun khas Indonesia dari berbagai daerah ini sarat akan makna. 

Berikut Kain Tenun Khas Indonesia dari Berbagai Daerah

Kain Songket Minangkabau

Kain Tenun Khas Indonesia dari Berbagai Daerah, Kain Songket Minangkabau (Foto: Antara)
Kain Tenun Khas Indonesia dari Berbagai Daerah, Kain Songket Minangkabau (Foto: Antara)

Kain tenun yang paling terkenal yaitu Songket. Songket Minangkabau menjadi bagian erat dari acara-acara adat. Konon, Songket diciptakan sebagai alat ekspresi yang mana perasaannya tertuang dalam setiap tenunan Songket. Maka dari itu, Songket Minangkabau memiliki makna yang berbeda-beda. 

Motif-motif Songket Minangkabau tercipta dalam wujud simbol alam, terutama tumbuhan. Motif Songket Minangkabau di antaranya, Kaluak paku (pakis) yang menyiratkan pentingnya bersikap introspeksi, motif pacuak rabuang (bambu) menyiratkan semakin tua dan berpengalaman hendaknya semakin bermanfaat. 

Sementara motif bungo antimun (mentimun) tersirat bahwa jika melakukan sesuatu harus sistematis. Kemudian motif ilalang rabah (rebah) menyiratkan bahwa tidak selamanya orang lemah menyerah pada penindasan. 

Dua motif paling terkenal dari Songket Minangkabau yakni Kaluak Paku dan Pucuak Rabung. Kedua motif ini memiliki makna yang mendalam. Kaluak Paku memiliki makna introspeksi diri sebelum menilai orang lain. Dan Pucuak Rabung memiliki  makna semakin tua dan berpengalaman hendaknya semakin bermanfaat.

Kain Songket Palembang

Kain Tenun Khas Indonesia dari Berbagai Daerah selanjutnya yakni Songket Minangkabau, Palembang juga memiliki Songket sebagai kebudayaan. Sebagai kain yang telah diwariskan turun temurun, kain Songket Palembang juga kaya akan makna. Makna yang filosofis terkandung dalam Songket Palembang, yaitu melambangkan kemakmuran, kejayaan, dan keberanian.

Songket Palembang terdiri dari beberapa jenis, yaitu Songket Lepus, Songket Tabur, Songket Bunga, Songket Limar, Songket Tretes, dan Songket Rempak.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsNTB di Google News

Bagikan Artikel: