Kisah Inspiratif, Nelayan Lobster di Lotim Untung Besar dari Restoran Apung

Zen Teguh, Sindonews ยท Senin, 18 Oktober 2021 - 13:08:00 WIB
Kisah Inspiratif, Nelayan Lobster di Lotim Untung Besar dari Restoran Apung
Kisah sukses Rumaji membangun bisnis restoran apung Ekas Buana, di Lombok Timur. (Foto : SINDOnews/Zen Teguh)

SELONG, iNews.id - Kisah Rumaji, warga Dusun Ekas, Desa Ekas Buana, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur (Lotim) mungkin bisa jadi inspiratif Anda. Profesinya sebagai nelayan lobster diturunkan dari orang tua. 

Rumaji tidak hanya seorang nelayan lobster. Dia meraup banyak keuntungan dari perahunya yang berkeliling. Bukan perahu sembarangan, perahu putih berkelir ungu itu merupakan restoran keliling.

“Welcome to Ekas Buana Floating Restaurant and Suite,” bunyi tulisan di sebuah papan yang terpajang di salah satu luar dinding. 

Terdapat dua bagian restoran ini. Satu bagian difungsikan sebagai restoran lesehan. Sementara satu sisinya, lebih mirip rumah karena ada kamar, toilet dan dapur untuk memasak.

Di antara kedua bangunan, tersambung satu jembatan kecil. Di bawah jembatan yang panjangnya hanya dua langkah kaki itu terdapat jarring-jaring keramba. Isinya, lobster-lobster siap panen.

Siang itu, Jumat (15/10/2021), lobster seukuran telapak tangan orang dewasa dipanen. Sekitar satu jam berikutnya, lobster segar itu telah berubah menjadi sajian menggiurkan.

Wisatawan tinggal pilih, lobster asam manis dengan toping mayones dan saus cabe atau masak mentega dengan citarasa pedas. Eit, buat yang tidak suka, lobster polos alias hanya direbus juga terhidang plus nasi hangat dan cumi krispi.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: