Pengendalian Rabies Jadi Pekerjaan Rumah Jelang MXGP

Antara ยท Kamis, 21 April 2022 - 08:14:00 WIB
Pengendalian Rabies Jadi Pekerjaan Rumah Jelang MXGP
Pemerintah pusat mewaspadai penularan rabies menjelang balapan motocross grand prix (MXGP) yang digelar di Kabupaten Sumbawa. Salah satu sumber utama penyebaran adalah anjing. (foto : ANTARA)

MATARAM, iNews.id - Menjelang Motocross Grand Prix (MXGP) bukan hanya soal infrastruktur yang perlu diperhatikan. Pengendalian rabies di Sumbawa menjadi pekerjaan rumah yang harus ditemukan solusinya.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyatakan bahwa rabies bukanlah penyakit baru dalam sejarah peradaban manusia. Kasus rabies dapat berdampak pada kematian manusia.

“Bahkan juga berdampak terhadap perekonomian,” katanya, Kamis (21/4/2022).

Karena itulah, sambungnya, melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) Kementan meluncurkan Kader Siaga Rabies (Kasira).

Ditjen PKH Kementan berkolaborasi dengan Badan Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-bangsa (FAO) dengan dukungan pendanaan dari Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), bersama Pemprov NTB dan Pemkab Sumbawa memberikan pelatihan penanganan rabies dengan pendekatan one health.

Editor : Febrian Putra

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: